Comscore Tracker

6 Fakta Menarik Maiko dari Anime Maiko-san Chi no Makanai-san

Yuk, mengenal kehidupan seorang maiko!

Menghadirkan keseharian para maiko membuat anime Maiko-san Chi no Makanai-san yang diadaptasi dari manga karya Aiko Koyama tersebut jadi terasa berbeda dengan anime genre slice of life lainnya. Melalui kedua tokoh utama--yaitu Sumire dan Kiyo yang datang dari Aomori dan menetap di Kyoto dengan tujuan menjadi maiko--anime tersebut menggambarkan kehidupan maiko yang banyak orang tidak ketahui. 

Tentunya dari anime itu akan ada banyak insight dan fakta baru tentang maiko yang akan disampaikan. Di bawah ini ada beberapa fakta anime maiko yang didapatkan melalui anime Maiko-san Chi no Makanai-san. Yuk, dibaca sampai selesai ya. 

1. Tinggal bersama di okiya

6 Fakta Menarik Maiko dari Anime Maiko-san Chi no Makanai-sanOkiya tempat tinggal para maiko (dok.NHK/Maiko-san Chi no Makanai-san)

Tidak tinggal di rumah masing-masing, maiko akan tinggal bersama dengan maiko lainnya di rumah yang disebut dengan okiya. Namun di Kyoto, seperti latar dari anime Maiko-san Chi no Makanai-san ini okiya juga bisa disebut dengan istilah yakata. Tidak hanya menjadi tempat tinggal, maiko akan menjalani pelatihan, seperti menari, menyanyi, dan bermain shamisen selama tinggal di okiya.

Pemilik okiya sekaligus yang bertanggung jawab atas maiko yang tinggal di tempatnya, dipanggil dengan sebutan okaa-san, dalam bahasa Indonesia berarti ibu. Sedangkan maiko yang lebih senior akan dipanggil onee-san yang berarti kakak. 

2. Obi maiko yang lebih panjang

6 Fakta Menarik Maiko dari Anime Maiko-san Chi no Makanai-sanPerbandingan panjang obi maiko dan murid pelatihan (dok.NHK/Maiko-san Chi no Makanai-san)

Obi atau sabuk yang digunakan ketika memakai kimono menjadi salah satu pembeda antara maiko dengan geisha. Obi yang digunakan maiko dibuat lebih panjang menjuntai ke bawah, tidak seperti obi milik geisha yang pendek. Model obi milik maiko disebut dengan darari obi

Murid pelatihan yang belum menjadi maiko pun juga punya obi-nya tersendiri, lho. Modelnya hampir mirip dengan obi milik maiko, namun obi yang digunakan murid pelatihan panjangnya hanya setengah dari obi milik maiko. Model ini disebut han dara obi. 

Baca Juga: 7 Villain Anime yang Selalu Bertarung dengan Cerdas, Jenius! 

3. Tidur menggunakan bantal khusus

6 Fakta Menarik Maiko dari Anime Maiko-san Chi no Makanai-sanSumire yang terkejut melihat takamakura (dok.NHK/Maiko-san Chi no Makanai-sa

Tidak seperti geisha yang lebih leluasa karena sanggul rambut mereka yang hanya wig, sanggul maiko dibentuk dari rambut asli. Selain itu, maiko juga harus menjaga tatanan rambut mereka selama seminggu. Hal tersebut juga berlaku saat tidur.

Supaya tidak mengacaukan rambutnya saat tidur, maiko menggunakan bantal khusus yang terbuat dari balok kayu bernama takamakura. Karena bentuknya yang tinggi, pastinya bikin leher pegal. Bahkan, Sumire saja tidak bisa tidur saat pertama kali menggunakannya. 

4. Dibantu otokoshi saat memakai kimono

6 Fakta Menarik Maiko dari Anime Maiko-san Chi no Makanai-sanOtokoshi yang membantu mengikat obi (dok.NHK/Maiko-san Chi no Makanai-san)

Ketika melakukan pekerjaannya, maiko menggunakan kimono sebagai pakaiannya. Namun, sangat sulit jika hanya sendirian saat memakai kimono, apalagi panjang obi milik maiko bisa sampai 6 meter. Maka dari itu, maiko akan dibantu oleh otokoshi. 

Otokoshi adalah sebutan untuk laki-laki yang membantu memakai dan mengikatkan obi maiko ataupun geisha. Otokoshi biasanya menghabiskan waktu sekitar 5 menit untuk membantu satu orang. 

5. Diberikan nama baru saat resmi menjadi maiko

6 Fakta Menarik Maiko dari Anime Maiko-san Chi no Makanai-sanSumire sedang berdiri di depan kuil (dok.NHK/Maiko-san Chi no Makanai-sa

Nama yang digunakan oleh seorang maiko ternyata beda dari nama asli mereka, lho. Sebelum murid pelatihan resmi menjadi maiko, mereka akan diberikan nama baru oleh okaa-san dan nantinya nama baru tersebut digunakan sepanjang karir mereka sebagai maiko maupun saat menjadi geisha. 

Nama baru maiko bisa didapatkan dari huruf karakter nama geisha yang menjaganya, atau bisa diputuskan juga melalui ramalan di kuil. Contohnya seperti nama baru Sumire saat resmi menjadi maiko, yaitu Momohana yang diambil dari nama geisha yang menjaganya, Momoko.

6. Larangan memiliki handphone dan pergi ke minimarket

6 Fakta Menarik Maiko dari Anime Maiko-san Chi no Makanai-sanTsurukoma yang sedang menulis surat (dok.NHK/Maiko-san Chi no Makanai-sa

Dekat dengan nilai-nilai budaya, membuat maiko harus menjaga citra mereka. Ada beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan maiko, contohnya larangan memiliki handphone. Untuk berkomunikasi biasanya mereka meminjam telepon milik okiya atau kedai teh. Mereka juga bisa menggunakan surat untuk menghubungi keluarga di rumah.

Selain itu, ada pula larangan pergi ke minimarket saat memakai kimono dan rambut yang disanggul. Maiko baru diperbolehkan ke minimarket di hari libur, dengan tampilan layaknya gadis biasa.

Selain dari keenam fakta di atas, masih ada hal lain soal maiko yang dibahas melalui anime Maiko-san Chi no Makanai-san secara ringan. Ber-genre slice of life, tapi tetap informatif, anime tersebut bisa jadi rekomendasi tontonanmu saat waktu senggang. 

Baca Juga: Rekomendasi Anime Remake Our Life! untuk yang Suka Time Travel 

Khansa Photo Community Writer Khansa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya