Comscore Tracker

5 Serial Thriller Lokal yang Sayang Kamu Lewatkan, Ada Tentang Zombie!

Serem-serem abis, lho

Serial Indonesia kini makin menunjukkan perkembangan yang positif. Antusiasme masyarakat utamanya di kalangan anak muda pun meningkat pesat untuk menonton serial buatan lokal.

Hal ini memacu rumah produksi dan penyedia layanan streaming berbayar dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi original series mereka. 

Meski masih didominasi genre drama remaja, gak sedikit juga yang berani merilis serial bergenre thriller. Terbukti tahun ini sudah ada sekitar tiga serial genre thriller yang telah tayang di sejumlah platform. 

Penasaran apa aja? Berikut ini penulis telah merangkum lima serial Indonesia untuk menambah watchlist kamu. Check this out

Baca Juga: 10 Film Underrated Genre Thriller Keluaran 2013-2022, Bikin Jantungan!

1. Brata (2018-2020)

https://www.youtube.com/embed/l2Olnk25kLg

Brata merupakan salah satu serial buatan sineas lokal yang mendapat penghargaan bergengsi di kancah internasional. Serial produksi Marawa Production yang tayang di Maxstream ini juga dibintangi oleh aktor aktris kelas A didukung alur cerita yang bikin tegang pastinya. 

Serial ini berkisah tentang Brata (Oka Antara), seorang perwira polisi unit reserse kriminal. Dikenal sebagai polisi teladan di kotanya, Brata kemudian dihadapkan pada sejumlah kasus pembunuhan dan kriminal besar yang berhubungan dengan dirinya beserta orang-orang yang ia sayangi. 

2. Halusinada (2018)

https://www.youtube.com/embed/A7wk3UIcWQU

Halusinada merupakan serial orisinil bergenre thriller-mistery pertama dari STRO TV.  Berbeda dari serial lokal kebanyakan, Halusinada mengangkat judul dan cerita yang berbeda di tiap episode. Tema yang diangkat terinspirasi dari lagu anak-anak populer, seperti Nona Manis, Buka Pintu, hingga Naik Delman. 

Bukan bikin senang, justru lagu-lagu ini dilantunkan dengan suasana creepy yang bikin udrenalin terpacu. Cocok banget buat kamu yang doyan nonton serial berdarah-darah namun dengan nuansa kearifan lokal yang kental. 

3. Hitam (2021)

https://www.youtube.com/embed/IagIrGyqbTo

Hitam merupakan serial orisinil pertama dari KlikFilm yang terdiri dari 4 episode. Serial garapan Sidharta Tata ini juga bisa disebut sebagai serial Indonesia pertama yang mengangkat tema zombie. Meski jadi yang pertama, Hitam sukses mendapat banyak review positif dari penonton dan kritikus film.

Serial ini berkisah tentang seorang lurah bernama Dibyo (Donny Damara) yang anaknya baru saja pulang dari London, Tika (Sara Fajira). Namun, Tika sakit dan membuat Dibyo khawatir. Di sisi lain, kejanggalan mulai muncul di kampungnya, seperti sejumlah warga mendadak hilang dan kambing peliharaan mati dalam keadaan mengenaskan.

Warga pun mulai ketakutan dan melakukan investigasi. Sementara itu, Dibyo seperti menyembunyikan sesuatu, yaitu dalang dari permasalahan yang terjadi di kampungnya.

4. Paradise Garden (2021)

https://www.youtube.com/embed/OVGVD9Pg_Tk

Andra (Jefri Nichol) dan Navya (Vanesha Prescilla) dikejutkan dengan kabar menghilangnya kakak mereka, Nitya (Aliyah Faizah) dan Ganes (Haydar Salishz). Kasus ini terjadi tak lama setelah Nitya dan Ganes yang merupakan pasangan suami istri pindah ke perumahan elit Paradise Garden. 

Andra dan Navya pun bekerjasama untuk mencari fakta hilangnya saudara mereka yang faktanya ada kaitan dengan praktik perdagangan organ manusia di Asia Tenggara. 

5. Sianida (2021)

https://www.youtube.com/embed/J39KSb9V2uA

Masih on going, Sianida berkisah tentang sepasang kekasih bernama Jenny (Aghniny Haque) dan Amelia (Jihane Almira). Keduanya terpaksa berpisah lantaran Amelia dipaksa menikah dengan David (Rio Dewanto).

Suatu hari, Amelia yang baru saja melepas kangen bersama Jenny meminum kopi berisi racun sianida yang menyebabkan ia meninggal. David menuduh Jenny sebagai pelaku dan menjebloskannya dalam penjara. Sementara Jenny berbalik mencurigai David sebagai dalang dari kematian Amelia. 

Hadirnya serial-serial dengan genre thriller seperti di atas tentu membawa warna dan semangat baru bagi kemajuan industri serial Indonesia. Nah, serial yang mana nih yang bakal kamu tonton lebih dulu?

Baca Juga: 7 Film Horror Thriller Bertema Ritual, Berani Nonton?

Mbak Endut Photo Community Writer Mbak Endut

Fans-nya UN1TY

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya