Comscore Tracker

Mudah Tumbuh Bernilai Ekonomis, Warga Solo Olah Bunga Telang Jadi Teh

Meningkat ditengah pandemi.

Kelompok Wanita Tani (KWT) Putri Mandiri Karangasem, Solo, Jawa Tengah memanfaatkan lahan sempit di tengah pemukiman padat penduduk, menjadi lahan produktif dengan menanam bunga telang. Bunga telang yang kaya manfaat tersebut bahkan memberikan nilai ekonomis bagi warga.

Baca Juga: 6 Resep Hidangan dari Bunga Telang, Warnanya Cantik dan Rasanya Lezat!

1. Ditanam di selokan

Mudah Tumbuh Bernilai Ekonomis, Warga Solo Olah Bunga Telang Jadi TehBungaTelang yang ditanam oleh warga Karangasem, Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Bunga yang memiliki nama medis clitoria ternatea ini merupakan jenis tanaman merambat yang masuk dalam keluarga polong-polongan.  Tumbuhan asal asia tropis mudah tumbuh di Indonesia. Tak jarang, banyak warga yang menanam bunga yang hindup secara merampat ini di sekitar pekarangan rumah.

Ketua KWT Putri Mandiri, Dewi Wulandari mengatakan warga Karangasem, Solo banyak menanam bunga telang di selokan lantaran tidak memiliki lahan yang luas. Bunga tersebut merambat disela dedaunan tanaman lainnya.

“Kita ini ditanam di selokakan karena kita ada diperkotaan jadi tidak memiliki lahan yang cukup, tapi meski di lahan sempit bunya telang ini bisa tumbuh dengan baik bahkan banyak diambili oleh warga sekitar untuk diolah,” ujarnya saat ditemui Sabtu (25/12/20).

2. Diolah menjadi teh bunga telang

Mudah Tumbuh Bernilai Ekonomis, Warga Solo Olah Bunga Telang Jadi TehAneka teh BungaTelang produksi dari KWT Putri Mandiri, Karangasem, Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Dewi mengatakan di tengah pandemi COVID-19 ini, bunga telang dinilai memiliki manfaat yang saat baik untuk tubuh. Bahkan sejumlah anggota KWT Putri Mandiri mengolah bunga telang menjadi teh dan berbagai jenis minuman kesehatan.

Dari olahan tersebut, anggota KWT Putri Mandiri bisa menambah pemasukan dana dengan menjual minuman kesehatan bunga telah yang dijual mulai harga Rp 10.000,- per botol.

“Minuman kesehatan dari bunga telang kita produksi ada teh bunga telang, ada teh jahe telang juga, semuanya kita kombinasikan dengan bahan rempah yang aman untuk tubuh,” ujar Dewi.

3. Kaya akan manfaat

Mudah Tumbuh Bernilai Ekonomis, Warga Solo Olah Bunga Telang Jadi TehKWT Putri Mandiri Karangasem, Solo sedang membuat teh dari BungaTelang. IDNTimes/Larasati Rey

Menurut Dewi, bunga telang yang kaya manfaat seperti meningkatkan kekebalan tubuh, detoksifikasi tubuh, menyembuhkan luka dan lainnya. Tak hanya dibudidaya, Dewi mengatakan jika teh telah juga dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari, seperti untuk pewarna makanan.

Sementara itu, salah seorang warga Karangasem Solo, Suparmi (60) mengatakan setiap hari mengkonsumsi bunga telah sebagai minuman herbal. Menurutnya rasa teh bunga telang lebih wangi dan segar.

“Saya rutin minum teh telang ini, saya kemarin check up untuk kolesterol, tensi, gula, gula darah, asam urat semuanya dibawah normal,” pungkasnya.

Baca Juga: Kreatif! Bunga Telang Disulap jadi Kerajinan & Bahan Olahan Makanan

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya