Comscore Tracker

5 Penyebab Pegawai Bekerja Pasif di Kantor, Jangan Begini!

Pasif justru dapat membuat proses bekerja jadi makin sulit

Tidak ada orang yang ingin menjadi pegawai dengan tipe biasa-biasa saja di kantor. Hampir semua pegawai pasti selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam posisinya saat ini, bahkan berusaha untuk memperoleh promosi jabatan yang lebih tinggi lagi.

Meski demikian, biasanya pegawai dituntut untuk mampu bekerja dengan aktif agar mencapai keinginannya. Sayangnya, ternyata ada saja pegawai yang tak mampu bekerja dengan aktif sehingga justru cenderung pasif. Para pegawai yang pasif kemungkinan bisa disebabkan karena beberapa penyebab yang berikut ini.

1. Tidak nyaman dengan lingkungan kerja

5 Penyebab Pegawai Bekerja Pasif di Kantor, Jangan Begini!ilustrasi lelah bekerja (pexels.com/@Karolina-Grabowska)

Hal pertama yang menyebabkan pegawai mudah pasif dalam bekerja adalah karena mereka merasa tak nyaman dengan lingkungan kerja. Tak semua lingkungan kerja mendukung proses bekerja dengan nyaman, sehingga juga rentan mengalami stres sendiri.

Kebanyakan pegawai yang gagal beradaptasi dengan lingkungan kerjanya pasti akan merasa suntuk, stres, hingga berakhir dengan cara bekerja yang pasif. Hal ini jelas akan menimbulkan prospek pekerjaannya hingga kepada hasil kerja ke depannya.

2. Merasa terintimidasi dengan sesama rekan kerja

5 Penyebab Pegawai Bekerja Pasif di Kantor, Jangan Begini!ilustrasi berkonflik (unsplash.com/@linkedinsalesnavigator)

Proses bekerja jelas tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan rekan kerja yang ada. Hal ini karena memang pekerjaan yang dilakukan melibatkan koordinasi dan kerja sama tim yang baik, sehingga hasilnya baik.

Meski demikian, kejadiannya akan berbeda apabila pegawai justru merasa terintimidasi dengan sesama rekan kerja di sana. Justru para pegawai tersebut akan merasa tak nyaman sehingga berpotensi bekerja dengan cara yang pasif.

Baca Juga: Memahami 6 Tipe Orang Overthinking, Serupa Tapi Tidak Sama

3. Persaingan tidak sehat

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Penyebab Pegawai Bekerja Pasif di Kantor, Jangan Begini!ilustrasi berkonflik (unsplash.com/@cdc)

Memang tidak mudah untuk dapat memperoleh posisi yang diinginkan dalam bekerja, apalagi dengan rekan-rekan kerja yang sama-sama berambisi. Hal ini membuat setiap pegawai seakan harus berusaha ekstra dalam memperoleh promosi jabatan yang didambakan.

Sayangnya justru hal seperti itu sangat memunculkan risiko persaingan yang tidak sehat lagi. Jika demikian, maka banyak pegawai yang tak nyaman dan memilih untuk bekerja dengan pasif.

4. Beban kerja yang kian berat

5 Penyebab Pegawai Bekerja Pasif di Kantor, Jangan Begini!ilustrasi pusing bekerja (pexels.com/@Ketut-Subiyanto)

Perlu dipahami bahwa tidak ada pekerjaan yang mudah, sebab semuanya menyimpan tantangan dan permasalahannya tersendiri. Hal yang justru disayangkan adalah ketika beban kerja terasa kian berat dan sulit untuk diatur dengan baik.

Beban kerja tersebut akan membuat pegawai merasa tak nyaman, sekaligus stres sendiri. Hal ini bisa menyebabkan mereka bekerja dengan tidak baik atau bahkan pasif.

5. Rendahnya kepercayaan diri

5 Penyebab Pegawai Bekerja Pasif di Kantor, Jangan Begini!ilustrasi tidak profesional (pexels.com/@Andrea-Piacquadio)

Memiliki kepercayaan diri yang baik adalah modal besar dalam bekerja secara maksimal. Rasanya tak mudah untuk menjaga kepercayaan diri tersebut, sebab hal ini bisa saja runtuh karena banyak kemungkinan.

Justru bagi pegawai yang memiliki kepercayaan diri tinggi, maka hal tersebut cocok dijadikan modal besar dalam bekerja dengan baik. Namun, jika justru sebaliknya, maka hal ini akan membuat banyak pegawai bekerja secara pasif.

Tentunya kebiasaan bekerja dengan pasif semestinya bisa kamu buang jauh-jauh. Jangan sampai justru membuat prospek bekerjamu jadi sulit sebab terasa tak berkembang. Cobalah untuk lebih percaya diri, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Jika Jenuh Menulis, Jadi Fresh Kembali!

Andini Maulana Photo Community Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya