Comscore Tracker

Daftar Raja Pajang, Kerajaan Islam di Jawa Tengah Penerus Demak  

Didirikan oleh Jaka Tingkir atau Sultan Hadiwijaya

Daftar Raja Kerajaan Pajang yang dimulai dari Jaka Tingkir atau Sultan Hadiwijaya.
Kerajaan Pajang menjadi salah satu kerajaan Islam di Nusantara. Kerajaan atau Kesultanan Pajang merupakan kelanjutan dari Kerajaan Demak. Pajang pada awalnya merupakan salah satu daerah di bawah pemerintahan Kesultanan Demak.

Kesultanan Pajang didirikan pada tahun 1568 Masehi oleh Sultan Hadiwijaya atau Jaka Tingkir dengan memindahkan pusat pemerintahan dari Kesultanan Demak ke Pajang setelah menyingkirkan Arya Penangsang.

Dan inilah daftar raja Kerajaan Pajang yang terkenal.

Baca Juga: Cinta Jaka Tarub dan Nawang Wulan, Asmara Tragis Manusia dan Bidadari 

1. Jaka Tingkir

Daftar Raja Pajang, Kerajaan Islam di Jawa Tengah Penerus Demak  ebookanak.com

Jaka Tingkir mempunyai nama kecil Mas Krebet. Asal muasal Ia dinamakan Mas Karebet yakni ketika ada pertunjukan wayang beber di rumahnya. Nama Jaka Tingkir diperoleh ketika sudah besar, tepatnya ketika usia belasan tahun.

Jaka Tingkir remaja kemudian berjodoh dengan anak Sultan Trenggana (Sultan Kerajaan Demak). Jaka Tingkir mendapat gelar Hadiwijaya setelah ia menjadi suami putri Sultan Trenggono. Jaka Tingkir berasal dari daerah Pengging yang sekarang ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Boyolali, daerah yang berada di Lereng Gunung Merapi.

Jaka Tingkir juga merupakan cucu dari Sunan Kalijaga. Setelah terjadinya pemberontakan di Demak, Jaka Tingkir yang berhasil menyingkirkan Arya Penangsang mendirikan kerajaan Islam baru di daerah Pajangan, Surakarta.

Di bawah kekuasaannya, kerajaan ini mengalami beberapa kemajuan. Usaha perluasan daerah kekuasaan hingga Jawa Timur. Bahkan ekspansinya sampai ke daerah Madiun yang berada di aliran tanah anak terbesar Sungai Bengawan Solo. Setelah itu secara berturut-turut ia bisa menaklukkan daerah lain, yaitu Blora (1554) dan Kediri (1577).

Kerajaan Pajang di bawah pimpinan Hadiwijaya mengalami kemajuan pesat. Ditandai dengan pengakuan dari raja-raja sampai di Jawa Timur.

Selain dapat memperluas wilayahnya, kemajuan juga berhasil dicapai pada aspek sosial, budaya dan ekonomi. Mulai pertanian hingga perdagangan sangat maju sehingga bisa dikatakan sangat maju saat dipimpin raja tersebut.

2. Arya Pengiri

Daftar Raja Pajang, Kerajaan Islam di Jawa Tengah Penerus Demak  urusandunia.com

Saat memerintah Pajang, Arya Pengiri dikenal sebagai raja yang kurang bijaksana. Arya Pengiri meneruskan pemerintahan Sultan Hadiwijaya yang sebelumnya kalah perang dengan Danang Sutawijaya atau bergelar Panembahan Senopati yang memerintah Mataram. Panembahan Senopati merupakan anak angkat dari Hadiwijaya.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Setelah lengser Kerajaan Pajang kemudian diperintah oleh Pangeran Benawa. Catatan tentang Arya Pengiri tak banyak diketahui, pasalnya selama kepemimpinannya yang tidak lama, Arya Pengiri juga kurang memberikan prestasi.

3. Pangeran Benawa

Daftar Raja Pajang, Kerajaan Islam di Jawa Tengah Penerus Demak  mahasiswaislam.com

Pangeran Benawa yang memerintah Pajang dengan sukarela menyerahkan kekuasaannya kepada Senopati. Senopati yang merupakan anak angkat Jaka Tingkir sudah dianggap sebagai saudaranya sendiri.

Meski kekuasaan Pajang telah diserahkan ke Panembahan Senopati, namun Ia lebih suka tinggal di Mataram (Yogyakarta)

Dalam memerintah pajang, Pangeran Benawa didampingi oleh Senopati. Masa pemerintahan Pangeran Benawa tidak lama karena ia wafat kurang lebih setahun setelah dinobatkan menjadi seorang raja.

4. Gagak Bening

Daftar Raja Pajang, Kerajaan Islam di Jawa Tengah Penerus Demak  antarafoto.com

Sepeninggalan Pangeran Benawa, Pajang diperintah oleh Gagak Bening. Gagak Bening adalah seorang Pangeran dari Mataram. Pemerintahan Gagak Bening tidak berlangsung lama.

5. Pangeran Benawa II

Daftar Raja Pajang, Kerajaan Islam di Jawa Tengah Penerus Demak  Pintu Bledeg di Masjid Agung Demak. (dok. pariwisata.demakkab.go.id)

Gagak Bening wafat tahun 1591. Lalu, jabatan raja digantikan oleh Pangeran Benawa. Yaitu cucu Sultan Hadiwijaya. Sultan ini memerintah Pajang saat masih muda, julukan yang mengenainya yaitu Pangeran Benawa II.

Pada masa pemerintahannya, Pajang tidak banyak mengalami kesulitan. Hingga 1617-1618 Pajang bisa lepas dari Mataram. Namun kemudian juga menyerang kerajaan Mataram tetapi kalah. Karena kekuatan yang belum terlalu besar malah menyebabkan kehancuran.

Itulah daftar raja Kerajaan Pajang sebagai salah satu kerajaan Islam di Indonesia yang merupakan penerus dari Kerajaan Demak.

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Pajang, Jaka Tingkir Takluk di Tangan Anak Angkatnya

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya