Comscore Tracker

Doa Buka Puasa Bulan Rajab dan Bacaan Niat Puasa Rajab 1441 H

Saat berpuasa jangan melakukan pelanggaran ini

Satu diantara bulan haram atau bulan mulia yakni Bulan Rajab. Tahun 2020 ini Bulan Rajab 1441 H bertepatan pada Selasa (25/2).

Bulan Rajab merupakan bulan ketujuh penanggalan Qomariah atau Hijriah, kedudukan bulan Rajab yakni merupakan bulan yang dimuliakan selain Ramadhan, Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram.

Pada Bulan Rajab inilah Rasulullah Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra dan Miraj menerima wahyu untuk melaksanakan shalat lima waktu.

Di Bulan Rajab ini juga umat Islam dianjurkan memperbanyak amal kebaikan, mengerjakan ibadah wajib dan memperabanyak ibadah sunnah. Satu diantara amalan yang dianjurkan dilakukan di Bulan Rajab adalah puasa sunnah Bulan Rajab.

Baca Juga: Selain Puasa Rajab, 7 Amalan ini Dianjurkan Dikerjakan di Bulan Rajab

1. Mengerjakan puasa sunnah Rajab seperti puasa setahun

Doa Buka Puasa Bulan Rajab dan Bacaan Niat Puasa Rajab 1441 Hislam.ru

Berpuasa pada bulan Rajab sangat dianjurkan, bahkan sehari mengerjakan puasa Rajab laksana berpuasa setahun.

Riwayat al-Thabarani dari Sa'id bin Rasyid:

“Barangsiapa berpuasa sehari di bulan Rajab, maka ia laksana  berpuasa setahun, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu-pintu neraka jahanam, bila puasa 8 hari dibukakan untuknya 8 pintu surga, bila puasa 10 hari, Allah akan mengabulkan semua permintaannya....."

Diriwayatkan dalam hadis sahih imam Muslim berpuasa di bulan Rajab disebut Rasulullah SAW sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan.

Nabi bersabda:

“Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram, dan  Rajab)."

2. Hindari hal-hal yang merusak pahala puasa

Doa Buka Puasa Bulan Rajab dan Bacaan Niat Puasa Rajab 1441 Hfreepik.com/freepik

Selama menjalankan puasa perlu diingat untuk tidak melanggar atau melakukan hal-hal yang malah menggugurkan pahala dan kualitas puasa kita. Beberapa Pelanggaran-pelanggaran itu memang tidak membatalkan tetapi bisa saja merusak pahala puasa.

Kita bisa jadi hanya berpuasa secara formal, namun kehilangan semangat puasa. Contoh pelanggaran yang mungkin ialah kurang syukur, kurang sabar, atau merasa diri perlu dihormati karena puasanya, atau merasa diri lebih tinggi di hadapan Allah karena puasa. Wallahu A’lam.

3. Berikut doa dan lafal niat Puasa Rajab

Doa Buka Puasa Bulan Rajab dan Bacaan Niat Puasa Rajab 1441 Hkidskunst.info

Sebelum mengerjakan puasa sunnah Rajab mesti diawali dengan niat, dibacakan doa niat tersebut.

Adapun niat puasa Rajab adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ghadin fi syahri rojabi sunatan lillahi ta'alaa.

4. Doa berbuka puasa

Doa Buka Puasa Bulan Rajab dan Bacaan Niat Puasa Rajab 1441 Heuronews.com

Setelah mengerjakan puasa dari terbit hingga terbenamnya matahari saatnya berbuka puasa. Sebelum menyantap hidangan buka puasa disunahkan untuk membaca doa berbuka puasa.

Melansir dari NuOnline disebutkan Sulaiman Bujairimi dalam Hasyiyah Iqna berikut ini adalah doa buka puasa yang disunnahkan dilafalkan oleh orang yang berpuasa

’ اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَبِكَ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ. ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شاءَ اللهُ. يا وَاسِعَ الفَضْلِ اِغْفِرْ لِي الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ، وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ.

Tuhanku, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab dan kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insya Allah pahala sudah tetap.

Wahai Dzat Yang Luas Karunia, ampuni aku. Segala puji bagi Tuhan yang memberi petunjuk padaku, lalu aku berpuasa. Dan segala puji Tuhan yang memberiku rezeki, lalu aku membatalkannya.

Doa ini ditutup dengan permohonan ampun.

Baca Juga: Lahir di Bulan Rajab, Ini 5 Fakta Khalifah Ali yang Wajib Kamu Tahu! 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya