Comscore Tracker

Qunut Nazilah, Bacaan Doa Berlindung Dari Malapetaka Termasuk Corona

Bisa dibaca untuk berlindung dari virus COVID-19

Penyebaran virus corona COVID-19 telah mengkhawatirkan banyak pihak. WHO sendiri telah menetapkan COVID-19 sebagai pandemik karena banyaknya orang yang telah terpapar virus tersebut.

Menghadapi pandemik virus corona badan kesehatan dunia mengeluarkan rekomendasi untuk pencegahan, diantaranya yakni meningkatkan imunitas tubuh, rajin mencuci tangan dengan sabun, mengurangi kontak langsung

Sementara itu Majelis Ulama Indonesia menyerukan agar umat muslim mengamalkan Qunut Nazilah sebagai upaya menangkal virus corona. Lalu apa itu qunut nazilah dan bagaimana lafal atau bacaannya?

Baca Juga: Bacaan Sholawat Tibbil Qulub, Doa Mencegah Sakit Termasuk Virus Corona

1. Menurut Gus Mus bacaan Qunut Nazilah seperti Qunut Subuh atau Qunut Witir

Qunut Nazilah, Bacaan Doa Berlindung Dari Malapetaka Termasuk CoronaANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Menurut KH A Mustofa Bisri atau Gus Mus Qunut nazilah sendiri adalah qunut yang dilakukan saat terjadi malapetaka yang menimpa kaum muslimin. Mengutip dari situs islam.nu.or.id. Qunut nazilah sama dengan qunut Subuh atau qunut Witir. Imam Syafi'i menyebutkan, qunut nazilah disunnahkan pada setiap shalat lima waktu, setelah ruku' yang terakhir, baik oleh imam atau yang shalat sendirian (munfarid): bagi yang makmum tinggal mengamini doa imam.

Jadi, qunut nazilah sama dengan qunut Subuh.

Bacaannya juga sama seperti doa yang datang dari Rasulullah SAW:

اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيمَنْ هَدَيْتَ, وَعَافِنِي فِيمَنْ عَافيْتَ, وَتوَلَّنِي فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ, وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطيْتَ, وَقِنِي شَرَّ مَا قضَيْتَ, فإنَّكَ تَقْضِى وَلا ُيُقْضَى عَلَيْكَ, فإنَّهُ لا يَذِلُُ مَنْ وَالَيتَ, وَلا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ, تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ, أسْتَغْفِرُكَ وَأتُوْبُ إلَيْكَ, وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلأمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Hanya dalam qunut nazilah dapat ditambahkan sesuai kepentingan yang berkaitan dengan musibah yang terjadi. Misalnya yakni meminta keselamatan agar terhindar dari virus corona dan meminta supaya bencana COVID-19 ini segera berlalu.

2. PBNU serukan membaca Sholawat Tibbil Qulub

Qunut Nazilah, Bacaan Doa Berlindung Dari Malapetaka Termasuk CoronaPinteres

Sholawat Tibbil Qulub merupakan shalawat yang bertujuan untuk menenangkan hati dan pikiran.

Membaca sholawat merupakan bentuk kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat juga merupakan harapan dan doa agar kelak mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari akhir.

Sholawat Tibbil Qulub, juga merupakan amalan yang diyakini sebagai doa agar diberi kesehatan dan dijauhkan dari penyakit hati.

Berikut lafal Sholawat Tibbil Qulub


اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم


Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa'aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya:

"Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya."

3. Instruksikan agar warga tetap tenang dan tidak panik

Qunut Nazilah, Bacaan Doa Berlindung Dari Malapetaka Termasuk CoronaWarga Nahdliyin dalam sebuah parade. ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Selain menginstruksikan untuk membaca Sholawat Tibbil Qulub PBNU juga menginstruksikan kepada seluruh Pengurus Wilayah, Cabang, Lembaga, Badan Otonom Nahdlatul Ulama dan Pondok Pesantren di semua tingkatan agar membaca qunut nazilah dan meningkatkan amalan dan doa tolak balak agar bangsa Indonesia terhindar dari musibah dan bencana.

Warga Nahdliyin juga diminta untuk tetap tenang, tidak panik, dan melaksanakan beberapa anjuran sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan, berolahraga dan istirahat yang cukup.
2. Jika ada anggota keluarga yang sedang sakit (sesak napas, batuk, pilek, demam, flu dan lainnya) diharapkan untuk segera periksa ke dokter, dan untuk sementara tidak berbaur dalam kerumunan di masjid atau musholla, pengajian-pengajian, atau tempat umum lainnya sampai kondisi kesehatan sudah dalam keadaan baik.
3. Menjaga kebersihan badan dan lingkungan.
4. Utamakan untuk selalu menjaga wudhu.
5. Dan tetap memperbanyak doa, memohon pertolongan Allah SWT melalui istighotsah, pembacaan sholawat thibbil qulub, dan amalan-amalan dari para kiai dan guru.

Baca Juga: 3 Saran Wapres Ma'ruf Amin Soal Virus Corona, Salah Satunya Doa Qunut

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya