Comscore Tracker

Hobi Baru Fadli Padi, Main Merpati Kolong, Berguru Sampai ke Jateng

Merpati kolong merupakan olahraga ketangkasan

Semarang, IDN Times - Pandemik COVID-19 yang melanda hampir dua tahun lamanya dimanfaatkan para selebritis untuk menekuni hobinya masing-masing. Andi Fadly Arifuddin alias Fadli yang dikenal sebagai vokalis Padi Reborn misalnya, saat pandemik malah disibukan bermain merpati kolong.

Merpati kolong adalah permainan adu balap burung merpati yang digelar di lapangan terbuka. Setiap orang bisa menjadi joki yang menerbangkan burung merpati. Merpati yang diterbangkan harus bisa melewati kolong meja yang dibuat sedemikian rupa. Pemenangnya ditentukan burung yang paling cepat tiba di garis finish.

1. Fadli sebut pusat merpati kolong ada di Tegal dan Pekalongan

Hobi Baru Fadli Padi, Main Merpati Kolong, Berguru Sampai ke JatengPara joki merpati kolong berkumpul untuk latihan di Lapangan Lapak PA Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Ketika menyambangi rumah dinas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Puri Gedeh Semarang, Fadli datang bersama teman-temannya dari komunitas Merpati Kolong. 

Pentolan Padi Band tersebut bilang menekuni hobi bermain merpati sejak pandemi. Ia mengatakan, awalnya tertarik karena di dekat rumahnya banyak yang hobi merpati.

"Kemudian saya pengin belajar. Katanya kalau mau belajar serius itu harus berguru ke Jawa Tengah, karena pusatnya merpati kolong ada di Tegal dan Pekalongan. Kemudian saya datang dan ketemu dengan teman-teman ini," ucapnya dalam keterangan yang didapat IDN Times, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Nasib Joki Merpati Kolong di Semarang, Jalan Kaki 1 Km Demi Rp20 Ribu

2. Ayah Fadli juga seorang peternak burung merpati

Hobi Baru Fadli Padi, Main Merpati Kolong, Berguru Sampai ke JatengSeorang pemilik merpati kolong di Semarang menunjukan seekor burung jagoannya. IDN Times/Fariz Fardianto

Fadli suka main balap merpati kolong karena akrobatik yang ditunjukkan. Merpati kolong baginya juga bisa dikatakan olahraga ketangkasan asli Nusantara.

Selain itu, ia juga punya memori manis pada masa kecil ketika ayahnya sudah menggeluti hobi ternak merpati hutan dan kerap dilepas liarkan kembali. 

Kisah masa kecilnya itu yang membuatnya terinspirasi. "Dan saat saya ketemu teman-teman komunitas ini, mereka ternyata hebat-hebat dan pengin ketemu pak Ganjar. Akhirnya malam ini bisa ketemu dan kami sangat senang sekali karena pak Ganjar responnya luar biasa," katanya.

3. Fadli kepengin bikin komunitas resmi merpati kolong

Hobi Baru Fadli Padi, Main Merpati Kolong, Berguru Sampai ke JatengSejumlah remaja saat menunggu giliran jadi joki merpati kolong di Semarang. IDN Times/Fariz Fardianto

Kepada Ganjar, Fadli mengatakan ingin membentuk komunitas resmi pecinta merpati kolong. Sebab selama ini, pecinta merpati kolong belum memiliki lembaga yang bagus.

Selain itu, merpati kolong lanjut Fadli bukan hobi yang biasa. Perlu ketangkasan, keuletan dan ada tata cara merawatnya. Ia pun membawa salah satu temannya, yang berhasil menjual merpati kolong seharga Rp1,5 miliar.

"Jadi memang bukan hobi sembarangan, karena ada tata caranya. Nah harapannya kami punya legitimasi dari organisasi dan hal-hal lainnya. Memang pesan pak Ganjar tadi harus dirapikan, mulai peternakan sampai lainnya. Kami akan berupaya mewujudkan itu. Dan saya bahagia bisa ketemu pak Ganjar. Responnya positif sekali," akunya.

4. Ganjar heran Fadli justru hobi main merpati

Hobi Baru Fadli Padi, Main Merpati Kolong, Berguru Sampai ke JatengVokalis Padi, Fadli bertemu Ganjar. (Dok Humas Pemprov Jateng)

Sedangkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaku heran dengan hobi yang ditekuni oleh Fadli. Ia tak menyangka, Fadli yang sudah ngetop ternyata berkecimpung di hobi yang tak banyak orang mengira.

"Aku gumun lho (saya heran lho), kok mainan burung sekarang. Tahunya mau ngobrol soal musik gitu, kok tiba-tiba ngomong dara (merpati)," imbuhnya.

5. Ternyata Ganjar juga suka mainan merpati

Hobi Baru Fadli Padi, Main Merpati Kolong, Berguru Sampai ke Jatengarenahewan.com

Ganjar berkata suka dengan burung merpati. Dulu saat kecil di Purworejo, ia selalu bermain merpati bersama teman-temannya.

"Saya waktu SD main itu. Nglepeki ngunu kui. Kalau di tempat saya itu dulu namanya Tomprang. Ternyata itu ada komunitasnya ya," ucap Ganjar penasaran.

Obrolan gayeng terjadi pada pertemuan itu. Ganjar yang masih belum percaya memberikan julukan baru pada Fadli. "Tapi njenengan masih nyanyi kan mas? Saya khawatir, orang dulu kenalnya Fadli Padi, sekarang jadi Fadli Dara," candanya.

Baca Juga: Langgar UU Karantina, Panitia Lomba Merpati Terancam 6 Tahun Penjara

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya