Comscore Tracker

Bakpao Karakter, Hantaran Kue Unik Laris Manis Saat Imlek

Merupakan kue khas imlek yang jarang ditemui.

Tahun baru Imlek 2021 ini serasa berbeda dengan tahu baru sebelumnya. Tak ada pertemuan keluargaa, tak ada kumpul-kumpul atau bahkan berlibur bersama. Pandemi Covid-19 mengharuskan para waefa Tionghoa untuk tetap berada dirumah. Tak ingin mengapus filosofi Imlek, acara berkunjung ke sanak-saudaea kini diganti dengan hantaran pernak pernik atau makanan.

Bahkan di Solo, Jawa Tengah terdapat satu toko roti yang khusus membuat hantaran dari Bakpao Imlek unik. Bahkan hantaran ini laris-manis dan bisa meningkatkan perekonomian ditengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Tahun Baru Imlek 2021, Kelenteng Tien Kok Sie Solo Justru Tutup Pintu

1. Jadi sarana silahturahmi

Bakpao Karakter, Hantaran Kue Unik Laris Manis Saat ImlekBakpao karakter khas Imlek di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Bakpao Imlek sendiri sebenarnya sudah sejak lama menjadi sarana saling silaturahmi antar warga Tionghoa. Namun karena pandemi covid 19, banyak warga Tionghoa enggan untuk berkunjung ke kerabat atau sanak saudara. Sebagai wakilnya sebuah hantaran makanan khas di bulan Imlek yakni Bakpao.

Di sebuah Toko roti Chubby Bakkery di Jl Hasanudin 93 Mangkubumen Banjarsari Solo, Jawa Tengah ini seca khusus menyediakan hantaran bakpao berkarakter unik dan mengemaskan. Selain sebagai suguhan dan sesaji saat sembahyang Imlek, bakpao Imlek ini juga dijadikan sebagai simbol keceriaan dan kelembutan bagi yang memakannya.

2. Jarang ditemui

Bakpao Karakter, Hantaran Kue Unik Laris Manis Saat ImlekPembuatan bakpao karakter khas Imlek di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Salah satu pelanggan bakpao ini adalah Ipung Diah Kusumaningrum (29) mengaku tertarik dengan bentuk bakpao unik tersebut. Selain bentuknya yang lucu, warna bakpao yang berwarna-warni juga menambah kesan ceria sesuai dengan filosofi perayaan Tahun Baru Imlek yang identik dengan keceriaan.

“Bakpao lucu, selain bentuknya unik dan rasanya feelingnya isiannya lain dengan yang lain. Jadi selain lucu juga enak sekali”, ujarnya.

Diah mengatakan jika bakpao unik ini jarang ada di toko roti di Solo. Ia baru menemukan satu toko yang menjual bakpao untuk hantaran Imlek dengan tema unik dan lucu
ini.

“Karena saya pengennya saya kasihkan ke orang, kalau buat orang kurang menarik dan modelnya biasa biasa saja kayak ada yang kurang, karena perayaan Imlek ini adalah event setahun sekali sehingga harus berkesan,” katanya.

3. Hanya dibuat di moment tertentu

Bakpao Karakter, Hantaran Kue Unik Laris Manis Saat ImlekPembuatan bakpao karakter khas Imlek di Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Harga satu paket bakpao Imlek dihargai mulai dari Rp. 400 ribu dengan bungkus yang eklusif dan menarik. Sedangkan untuk pembelian per pieces dihargai mulai Rp 8.000,- tergantung jumlah bakpao yang dibeli.

Pemikik Toko Roti, Marcella Yuwono (27) mengatakan sudah membuat Bakpao Imlek ini sejak lima tahun lalu, tokonya membuat karakter unik setiap bulan Februari dengan tema imlek. Bakpao Imlek sendiri tidak tersedia setiap hari hanya dijual di moment tertentu saja.

"Tahun ini temanya tahun kerbau, sehingga membuat bakpao bertemakan kerbau. Ada karakter kerbau, cicik koko, da ada Bahasa Mandarin keberuntungaan, semuanya identik dengan Imlek. Kita sudah masuk tahun ke lima dan respon kostumer bagus, karena kita ngikutin trend terbaru. Kita buat karakter baru terus," jelasnya.
Sementara pembelian perkarakter mulai diharga delapan ribu per pcs, tergantung jumlahnya. Selain bakpao di toko ini juga banyak dijual roti roti dengan tema dan hiasan imlek.

Selain membuat Bakpao Imlek toko roti miliknya juga menjual aneka pernak-pernik Imlek.

Baca Juga: 10 Makanan Imlek ini Diyakini Bawa Hoki Sepanjang Tahun, Mau Coba?

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya