Comscore Tracker

5 Tips Menjalin Hubungan dengan Single Parent, Dijamin Berhasil!

Bersabarlah dalam prosesnya, ya

Berkencan dan menjalin hubungan dengan seseorang dengan status single parent, tentu bukan hal yang mudah. Ketika kamu menjalin hubungan dengannya, kamu juga menjalin hubungan dengan keluarganya. Seperti itulah ungkapannya, dan ini memang benar adanya.

Kamu harus memiliki banyak kesiapan dan persiapan, termasuk  fisik dan mental. Kalau kamu memang jatuh cinta dengannya dan memang ingin menjalin hubungan, gak peduli dengan statusnya yang single parent, simak tips di bawah ini supaya hubungan kamu bisa langgeng.

1. Pahami bila nanti posisimu bukanlah prioritas untuknya 

5 Tips Menjalin Hubungan dengan Single Parent, Dijamin Berhasil!ilustrasi komunikasi (pexels.com/August de Richelieu)

Jika posisi kamu memang single dan belum memiliki anak, menjalin hubungan dengan single parent menjadi hal yang sulit, terutama bila kamu gak terbiasa berada di dekat anak-anak. Pahami bahwa dirinya adalah orangtua bagi anaknya, dia berkomitmen untuk merawat anak seumur hidup dan memastikan kebutuhan anak terpenuhi.

Baginya, kesejahteraan dan kebahagiaan anak adalah prioritas yang gak bisa dinegoisasi dan kamu harus paham itu. Jika kamu memang mencintainya, rangkul keadaan ini dan jangan memaksanya untuk selalu memprioritaskanmu.

2. Pahami juga bahwa seluruh keluarga akan menjadi bagian dalam hubungan kamu

5 Tips Menjalin Hubungan dengan Single Parent, Dijamin Berhasil!ilustrasi keluarga (pexels.com/RODNAE Productions)

Aspek terpenting dari menjalin hubungan dengan single parent adalah menyadari bahwa keluarganya akan memainkan peran besar dalam hubungan kamu. Dan, kamu juga harus tahu bahwa berkencan dengannya artinya kamu serius dalam hubungan ini karena dia gak ingin main-main dalam menjalin hubungan, dan ini juga menyangkut anak.

Di posisi ini, kamu harus mempertimbangkan kesejahteraan banyak orang berbeda yang terlibat:, yakni perasaannya sendiri, anak-anaknya, dan perasaan orang tuanya. Ketika kesejahteraan banyak orang yang berbeda terlibat, kadang-kadang bisa terasa seperti tindakan juggling karena setiap orang akan memproses perubahan secara berbeda pada waktu tertentu. Jangan tersinggung jika seseorang gak menerima dan banyaklah berusaha untuk mengambil hati keluarganya.

Baca Juga: 6 Alasan Cowok Lebih Memilih Mengejar Mantan Daripada Cari Pacar Baru

3. Komunikasikan waktu untuk akrab dengan sang anak 

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Tips Menjalin Hubungan dengan Single Parent, Dijamin Berhasil!Ilustrasi hubungan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Ketika kamu mulai serius berkencan dengan seorang single parent, bersikaplah terbuka dan komunikatif dengannya tentang niatmu dan dengarkan harapannya. Ini termasuk mengomunikasikan bahwa kamu ingin akrab dengan anaknya. Kamu dan dia perlu mengatur waktu untuk mengakrabkanmu dengan anaknya. Jangan sampai nanti mendadak dan ini akan melukai perasaan anak. Untuk waktunya, pastikan kamu dan dia telah menjalin hubungan setidaknya 6 bulan agar kesannya gak buru-buru.

4. Jangan mencoba untuk memposisikan sebagai orangtua  

5 Tips Menjalin Hubungan dengan Single Parent, Dijamin Berhasil!ilustrasi bersama anak (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah kamu bertemu dengan anak-anak dan mulai menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka, tahan keinginan untuk berperan sebagai orang tua sebelum waktunya. Mengasuh anak orang lain adalah langkah yang harus diambil hanya setelah pernikahan di masa mendatang dan bukan saat berkencan.

Untuk saat ini, serahkan pengasuhan kepada orang tua, dan sampaikan kekhawatiranmu kepada pasangan sehingga dia dapat mengatasi situasi secara langsung. Saat topik pernikahan mendekat, kamu dapat berdiskusi bersama tentang bagaimana peranmu nanti dalam keluarga.

5. Sabar dalam membangun hubungan 

5 Tips Menjalin Hubungan dengan Single Parent, Dijamin Berhasil!ilustrasi pasangan (pexels.com/Christ F)

Setiap hubungan membutuhkan waktu untuk tumbuh dan kesabaran untuk memelihara keharmonisan di dalamnya. Ketika kamu mulai berkencan dan menjalin hubungan dengan single parent, kamu mungkin mendapati bahwa membangun hubungan membutuhkan waktu sedikit lebih lama daripada dalam hubungan sebelumnya yang pernah kamu jalani.

Bersabarlah dan ketahuilah bahwa seorang single parent perlu memikirkan anaknya terlebih dahulu. Ketika kamu gak mencoba untuk terburu-buru menjalin hubungan atau bertemu anaknya, pasanganmu akan melihat bahwa kamu adalah sosok yang bisa dipertimbangkannya untuk menjalin hubungan jangka panjang.

Sekarang, setelah kamu mengetahui tips-tipsnya, pastikan agar kamu bersabar dalam prosesnya. Menjalin hubungan dengan single parent bukanlah hal mudah. Kamu perlu kesungguhan dan usaha agar berhasil.

Baca Juga: 5 Permasalahan Umum dengan Mertua yang Sering Terjadi, Jangan Biasakan

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya