Comscore Tracker

5 Permasalahan Umum dengan Mertua yang Sering Terjadi, Jangan Biasakan

Rasanya tidak nyaman jika berkonflik dengan mertua

Ketika menjalin hubungan hingga ke tahap pernikahan, ada banyak hal yang pada akhirnya harus siap untuk dihadapi bersama. Bukan hanya dengan pasangan, melainkan juga dengan keluarga pasangan, sehingga jelas bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Tak jarang ada banyak pula orang-orang yang tidak memiliki kualitas hubungan yang baik dengan mertua. Hal tersebut bisa disebabkan karena beberapa permasalahan umum sebagai berikut.

1. Mertua ikut campur terlalu jauh dalam rumah tangga

5 Permasalahan Umum dengan Mertua yang Sering Terjadi, Jangan Biasakanilustrasi pasangan (unsplash.com/@candice_picard)

Hal pertama yang dapat menjadi tanda masalahnya adalah kebiasaan mertua untuk ikut campur terlalu jauh dalam rumah tangga anak. Padahal mertua sebetulnya tidak berhak melakukan hal tersebut. Sebab, anak sudah memiliki tanggung jawab pribadi dalam mengurus keluarga.

Jika mertua terlalu ikut campur, maka tidak akan ada lagi privasi dalam rumah tangga tersebut. Padahal mertua sebaiknya dapat menghormati hal itu dan tidak selalu berkeinginan untuk ikut campur lebih dalam.

2. Mertua mudah mengontrol

5 Permasalahan Umum dengan Mertua yang Sering Terjadi, Jangan Biasakanilustrasi pasangan orangtua (pexels.com/@gustavo-fring)

Rasanya memang sulit apabila harus memiliki mertua yang dominan dalam segala urusan. Bahkan rasanya mertua pun bisa dengan mudahnya mengontrol hubungan rumah tangga yang dijalani oleh anak.

Hal tersebut bisa terjadi bila mertua masih saja menganggap pasangan seperti anak kecil. Namun, dampaknya tentu akan menjadi kurang baik pada hubungan rumah tangga yang dijalani.

Baca Juga: 5 Cara Meyakinkan Keluarga Pasangan Kalau Kamu Serius Ingin Menikah

3. Karakter judes dan seakan tak menyukaimu

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Permasalahan Umum dengan Mertua yang Sering Terjadi, Jangan Biasakanilustrasi orangtua (unsplash.com/@mbennettphoto)

Setiap mertua memang memiliki karakternya tersendiri dan jelas berbeda-beda. Ada yang mungkin sangat ramah dan akrab, namun ada yang judes dan sulit dekat dengan menantunya sendiri.

Sama sulitnya bila kamu memiliki mertua yang memiliki sifat judes dan seolah-olah tak menyukaimu. Bahkan untuk sekadar mengakrabkan diri dengan mertua saja bisa terasa sulit dan dipenuhi dengan kecanggungan semata.

4. Mertua terlalu gemar mengkritik segala hal

5 Permasalahan Umum dengan Mertua yang Sering Terjadi, Jangan Biasakanilustrasi berpikir (unsplash.com/@anthonytran)

Tidak ada yang sempurna dalam rumah tangga milik siapa pun, termasuk dirimu. Kamu dan pasangan mungkin sama-sama melakukan kesalahan, namun terpenting dapat saling menutupinya dengan sebaik mungkin.

Sayangnya jika memiliki mertua yang terlalu perfeksionis, maka segala halnya bisa menuai kritik. Kamu jelas tidak akan nyaman jika terus menerus dikritik, meski mungkin untuk hal sepele sekali pun.

5. Mertua terkadang dramatis dan sensitif

5 Permasalahan Umum dengan Mertua yang Sering Terjadi, Jangan Biasakanilustrasi orangtua bahagia (unsplash.com/@estherann)

Ada satu hal sulit lainnya yang harus dihadapi dari para mertua dengan karakter kurang baik. Salah satunya adalah apabila mertua memiliki karakter yang terlalu dramatis dan sensitif terhadap segala sesuatu.

Bukan tak mungkin akan sangat mudah terlibat konflik dengan tips mertua seperti ini. Bahkan bukan tak mungkin masalah ini juga akan berdampak pada keberlangsungan hubunganmu dan pasangan.

Memiliki mertua yang kurang baik memang menjadi kesulitan tersendiri. Bahkan hal ini seakan memberikan rasa tidak nyaman dalam menghadapinya. Jangan sampai memiliki mertua yang seperti itu, ya!

Baca Juga: 5 Ciri Keluarga Pasangan yang Suka Mengadu Domba, Tetap Tenang!

Abdi K Tresna Photo Community Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya