TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Gibran Rakabuming Raka Cawapres Prabowo Subianto, Harta Rp26 M

Gibran jebolan kampus Singapura dan Australia

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka ketika mendatangi kediaman Megawati Soekarnoputri di Menteng, Jakarta Pusat. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Semarang, IDN Times - Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto dari Koalisi Indonesia Maju (KIM). Keputusan tersebut disampaikan pada Minggu (22/10/2023) oleh calon presiden, Prabowo Subianto di Kartanegara, Jakarta.

Ya, sosok Gibran selalu menarik perhatian sejak muncul sebagai putra Presiden RI ke-7 itu. Kemudian, ia juga sempat hits sebagai pengusaha kuliner martabak manis Markobar.

Lantas, seperti apa profil Gibran Rakabuming Raka? Simak ulasan berikut.

Baca Juga: Pro Kontra Warga Solo, Gibran Jadi Cawapres Prabowo

1. Gibran lulusan perguruan tinggi di luar negeri

instagram.com/Gibran_rakabuming

Gibran Rakabuming Raka merupakan anak pasangan Joko Widodo dan Iriana. Gibran lahir di Surakarta pada 1 Oktober 1987. Ia adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Adapun, dua adik Gibran bernama Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep.

Sebagai anak dari pengusaha sekaligus Wali Kota Solo, Gibran mengenyam pendidikan secara baik. Selepas menempuh pendidikan sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP) di Surakarta, ia melanjutkan sekolah tingkat SMA di Orchid Park Secondary School, Australia.

Kemudian setelah lulus SMA, Gibran melanjutkan kuliah di Management Development Institute of Singapore (MDIS). Selanjutnya, ia kembali meneruskan pendidikan di program Insearch di University of Technology Sydney (UTS Insearch), Sydney, Australia.

2. Terkenal sebagai pengusaha kuliner

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming (Dok. Pribadi/Gibran)

Pada tahun 2015, Gibran Rakabuming Raka resmi menikahi Selvi Ananda pada 11 Juni. Selvi merupakan mantan Putri Solo yang telah menjalin hubungan selama beberapa tahun dengannya.

Kemudian, Selvi melahirkan seorang anak laki-laki yang dinamai Jan Ethes Srinarendra pada 10 Maret 2016. Anak kedua mereka yang berjenis kelamin perempuan lahir pada 15 November 2019 dan diberi nama La Lembah Manah.

Untuk diketahui, sebelum terjun di politik dan menjabat sebagai Wali Kota Surakarta yang dilantik 26 Februari 2021 itu, Gibran sudah terkenal sebagai pengusaha kuliner yang sukses. Ia memiliki usaha katering bernama Chilli Pari. Kemudian, Gibran juga memiliki usaha kuliner martabak manis aneka rasa bernama Markobar.

3. Terjun ke politik sebagai Wali Kota Surakarta

Hobi Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming (Dok. Pribadi/Gibran)

Pada 2018, Gibran membuat sebuah aplikasi pencari pekerja lepas dan paruh waktu yang bernama Kerjaholic. Selanjutnya, bersama sang adik Kaesang Pangarep, Gibran mendirikan restoran yang diberi nama Mangkokku.

Ternyata profesi sebagai pengusaha tidak membuat Gibran puas. Ia yang semula pernah mengatakan tidak tertarik dengan politik, akhirnya terjun ke dunia politik dengan mengikuti Pilkada 2020. Ia mencalonkan diri sebagai Wali Kota Surakarta dengan kendaraan politik PDI Perjuangan.

Kini, nama Gibran kembali mencuat menjelang pemilihan presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024. Ia didukung Koalisi Indonesia Maju untuk menjadi cawapres dari capres Prabowo Subianto. Apakah ia akan menerima pinangan tersebut?

Baca Juga: Tegas! Projo Jateng Pecat Anggota yang Nekat Dukung Ganjar dan Mahfud

Berita Terkini Lainnya