8 Prestasi Gibran Anak Jokowi, Wali Kota Solo Cawapres Prabowo

Tiga tahun sudah menjadi Wali Kota Surakarta

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka resmi maju menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Keputusan tersebut disampaikan pada Minggu (22/10/2023) oleh calon presiden, Prabowo Subianto di Kartanegara, Jakarta.

Sejak dilantik menjadi Wali Kota Solo pada 26 Februari 2021, putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu telah mengubah wajah kota Solo. Penasaran seperti. apa prestasinya? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Gerindra Optimis Popularitas Gibran Bikin Prabowo Menang di Jateng

1. Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

8 Prestasi Gibran Anak Jokowi, Wali Kota Solo Cawapres PrabowoMasjid Sheikh Zayed, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo yang saat diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bersama Presiden Persatuan Emirat Arab Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan pada 14 November 2022. Masjid Sheikh Zayed bahkan kini menjadi salah satu ikon Kota Solo dan menjadi tujuan para wisatawan.

Masjid Shiekh Zayed sendiri berdiri di lahan seluas 3,6 hektare. Masjid ini bisa menampung 10 ribu orang. Masjid pemberian Pangeran UEA dengan anggaran sekitar Rp 300 miliar.

Selain untuk beribadah, masjid bernuansa putih dan emas itu juga bisa dimanfaatkan untuk pengajian dan wisata religi. Masjid Sheikh Zayed pun bisa dikunjungi masyarakat umum. Lahan parkirnya yang luas bisa menampung 28 armada bus.

Masjid Sheikh Zayed yang terletak di Jalan A Yani Nomor 128, Gilingan, Kecamatan Banjarsari memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi.

2. Revitalisasi Solo Technopark

8 Prestasi Gibran Anak Jokowi, Wali Kota Solo Cawapres PrabowoSolo Techno Park. (Surakarta.go.id)

Program lainnya yakni Kemudian revitalisasi Solo Technopark yang terletak di Jebres yang sudah selesai pembangunannya. Kawasan Sains dan teknologi ini memiliki beberapa fasilitas berupa lapangan basket, lapangan futsal, area air mancur gedung ruang untuk riset pengembangan teknologi dan inovasi.

Solo Technopark merupakan ruang publik kreatif bagi masyarakat Solo. Sebenarnya Solo Technopark sudah ada sejak 2009 lalu, namun ruang publik tersebut kembali diremajakan menggandeng banyak pihak termasuk e-commerce Shopee.

3. Pembangunan Selter Manahan

8 Prestasi Gibran Anak Jokowi, Wali Kota Solo Cawapres PrabowoShelter Manahan di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Pembangunan selter Manahan yang sudah selesai digarap pada Desember 2022. Pembangunan Selter Manahan menghabiskan anggarn sebesar Rp15 miliar bersumber dari APBD Kota Surakarta.

Pembangunan selter Manahan Solo berkonsep food court yang berdampingan dengan jogging track Stadion Manahan dan area parkir. Ada sebanyak 132 tempat yang disiapkan untuk PKL kuliner di sepanjang Jalan KS Tubun Manahan.

Baca Juga: Tegas! Projo Jateng Pecat Anggota yang Nekat Dukung Ganjar dan Mahfud

4. Revitalisasi Lokananta

8 Prestasi Gibran Anak Jokowi, Wali Kota Solo Cawapres PrabowoPerusahaan Lokananta di Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Pada tahun 2022, Kementerian BUMN melalui PT Danereksa (Persero) dan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) melakukan revitalisasi Lokananta yang memiliki luas 2,1 hektar.

Pembangunan fisik Lokananta dimulai pada bulan November 2022 yang ditandai dengan perhelatan Lokananta Reload pada tanggal 27 November 2022, dan dapat diselesaikan dalam waktu enam bulan.

Lokananta versi baru kini memiliki Lima Pilar Utama, yaitu Museum/Galeri Studio Rekaman, Arena Pertunjukan, Area Kuliner, dan Galeri UMKM. Langkah revitalisasi dan optimalisasi Lokananta juga selaras dan didukung penuh oleh Pemerintah Kota Surakarta di mana Lokananta menjadi salah satu dari 17 Prioritas Pembangunan Kota Solo. 

Lokananta adalah perusahaan rekaman pertama dan terbesar di Indonesia yang didirikan oleh R Maladi pada 1956, yang mana pada saat itu R Maladi juga menjabat sebagai Ketua PPSI.

5. Pembangunan sentra IKM Mebel Gilingan

8 Prestasi Gibran Anak Jokowi, Wali Kota Solo Cawapres PrabowoMebel luar ruangan / www.Pixabay.com

Pembangunan sentra IKM Mebel Gilingan yang juga sudah selesai pembangunannya. Sentra IKM Gilingan ini menempati lahan sekitar 5.000 meter persegi.

Sentra IKM Gilingan diarahkan sebagai fasilitas penting untuk mendukung kualitas dan pemasaran produk-produk mebel. Dilengkapi ruang produksi, ruang promosi, ruang pengelola, joglo dan ruang terbuka.

Proyek revitalisasi sentra IKM mebel Gilingan menghabiskan dana sebesar Rp43 miliar. Sumber dana berasal dari APBN tahun 2022 dan selesai dikerjakan pada Agustus 2023 kemarin.

6. Revitalisasi Pura Mangkunegaran

8 Prestasi Gibran Anak Jokowi, Wali Kota Solo Cawapres PrabowoTaman Pracima Tuin Pura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Revitalisasi Pura Mangkunegaran yakni Taman Pracima yang ada di kompleks Pura Mangkunegaran sudah rampung.

Soft launching Taman Pracima dilakukan pada 21 Januari 2023. Taman Pracima Tuin memiliki keindahannya bak taman raja yang dipenuhi bunga-bunga cantik, bangunan estetik dan air mancur. Saat ini Taman Pracima Tuin menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Surakarta.

7. Revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug (Solo Safari)

8 Prestasi Gibran Anak Jokowi, Wali Kota Solo Cawapres PrabowoSolo Safari. (IDN Times/Larasati Rey)

Program prioritas lainnya dari pemerintah Kota Surakarta yakni revitalisasi Taman Satwa Taru Jurug yang berganti nama menjadi Solo Safari yang kini menjadi salah satu destinasi wisata di Solo. Saat ini revitalisasi masih mengerjakan pembangunan tahap 2.

TSTJ sendiri selama ini dikenal sebagai salah satu objek wisata berbasis edukasi yang ada di Kota Solo. TSTJ ini terletak di tepi Sungai Bengawan Solo yang berlokasi di Jl. Ir. Sutarmi No.109, Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres. Diresmikan pertama kali pada tahun 1976, dalam perjalanannya, salah satu ikon Kota Solo ini mengalami beberapa kali pengembangan. Pada tahun 1983, TSTJ mengalami perkembangan, yaitu dari awalnya taman bersantai menjadi kebun binatang.

Memiliki luas sekitar 14 hektare dan berlokasi persis di tepian Bengawan Solo, TSTJ dipenuhi dengan pohon rindang yang menaungi semua heran koleksinya, serta berbagai fasilitas yang ada.

8. Revitalisasi Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto

8 Prestasi Gibran Anak Jokowi, Wali Kota Solo Cawapres PrabowoKoridor Ngarsopuro. (IDN Times/Larasati Rey)

Revitalisasi Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto sudah selesai pembangunannya. Konsep penataan kawasan Ngarsopuro adalah memperpanjang lokasi Night Market Ngarsopuro, dari Jalan Diponegoro ke selatan hingga koridor Jalan Gatot Subroto sepanjang 390 meter menjadi pusat industri kreatif.

Proyek penataan kawasan koridor Ngarsopuro dan koridor Gatsu tersebut dikerjakan pada Juli 2022 dan dikerjakan selama enam bulan. Proyek itu merupakan salah satu dari 10 titik prioritas pembangunan Kota Solo dan ditargetkan rampung pada akhir tahun 2023 ini.

Baca Juga: Profil Gibran Rakabuming Raka Cawapres Prabowo Subianto, Harta Rp26 M

Topik:

  • Bandot Arywono
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya