TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Data Sains Terbuka ISN Lab Mendukung Jurnalisme Berkualitas

Tantangan jurnalisme data makin banyak

Ilustrasi analisis data (pixabay.com/Mohamed_hassan)

Semarang, IDN Times - Keterbukaan informasi masih menjadi kendala di tengah ikhtiar mewujudkan jurnalisme berkualitas. Sejumlah solusi dipaparkan dalam webinar bertajuk Membangun Data Sains yang diselenggarakan Society of Indonesian Science Journalists (SISJ) pada Jumat (8/9/2023) melalui ruang virtual Zoom.

Baca Juga: 10 Penyebab Kamu Kesulitan Dapat Ide Menulis, Sering Begini? 

1. Jurnalisme data masih menantang

Pada acara tersebut, Executive Director Indonesian Data Journalism Netrowk (IDJN), Wan Ulfa menjelaskan, jurnalisme data masih menuai tantangan di era teknologi saat ini. Tantangan yang muncul antara lain adalah masih banyaknya media belum miliki tim khusus yang menangani data.

Lebih dari itu, jurnalis dituntut serba bisa alias palugada. Padahal, jurnalis masih serba terbatas dalam mengakses data. Sebaliknya, imbuhnya, redaksi tempatnya bekerja juga belum punya keseriusan dalam membangun jurnalisme data.

"(Selama ini) riset yang disajikan belum tentu menyentuh sudut pandang publik. Audience butuh (data itu) gak? Dan (audience) mengerti gak sih dengan data yang diberikan,” katanya.

2. Masih minim layanan open data

Ilmuwan sekaligus pendiri Indonesian Science Communication Labs (ISCL), Ilham Akhsanu Ridlo menambahkan, jargon keterbukaan informasi belum sepenuhnya terlaksana dengan baik karena masih belum banyak sumber data yang terbuka dan bisa untuk publik. Sebagian besar data dirilis dengan berbasis tujuan bisnis.

"Ada juga yang klaim data terbuka tetapi tidak benar-benar bisa diakses terbuka," ujarnya.

Menurut Ilham, data terbuka mensyaratkan beberapa hal. Pertama, data bisa digunakan secara bebas. Lalu dapat didistribusikan ulang, dan kemudian dimanfaatkan sebesar-besarnya.

"Intinya, data mudah dituju dan diakses," ucapnya.

Baca Juga: Google Tunjuk Jurnalis IDN Times Pimpin Bikin Data Sains ISN Labs SISJ

Berita Terkini Lainnya