TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Api Abadi Mrapen Bakal Dinyalakan saat Rakernas PDIP 2024 di Jakarta

Sri Sumarni pastikan api abadi akan diarak secara estafet

PDIP gelar rakornas soal Pilkada serentak 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Api abadi dari Mrapen Purwodadi akan digunakan dalam acara puncak Rakernas DPP PDIP yang diselenggarakan di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta tanggal 24-26 Mei 2024. 

Pengurus PDIP Kabupaten Grobogan memastikan pengambilan api abadi di Mrapen akan dilakukan hari ini, Jumat (17/5/2024) sore sekitar jam 15.00 WIB. 

Bupati Grobogan, Sri Sumarni mengatakan persiapan pengambilan api abadi sudah dimatangkan dan hari ini tinggal melakukan pelaksanaan di lapangan. 

"Kami mendapat arahan dari Sekjen DPP untuk menggelorakan semangat dalam kegiatan Rakernas PDIP. Yang diawali dengan pengambilan api abadi yang bersumber di Mrapen pusatnya di Grobogan. Kemarin sudah ikut zoom, pelaksanaan pengambilannya ini nanti jam tiga, upacara diadakan jam empat. Untuk persiapannya sudah clear semua," kata Sumarni saat dikontak wartawan. 

Ia yang jadi Ketua DPC PDIP Grobogan tersebut juga mengemukakan, untuk acara seremoni pengambilan api abadi Mrapen, pihaknya didampuk sebagai tuan rumah untuk mengawal acara sampai selesai. 

Dengan menyalakan api abadi Mrapen di acara Rakernas, pihaknya mendapat informasi jika partainya ingin menggelorakan semangat juang agar tidak pernah padam yang mana menjadi bagian dari filosofi pada acara Rakernas PDIP. 

"Supaya dipercaya bahwa PDI Perjuangan ini partainya wong cilik. Makanya kita harus semangat, mengapi-api," akunya. 

Sumarni juga bersemangat dalam menyiapkan pengambilan api abadi Mrapen.

Terlebih lagi, api abadi Mrapen berdasarkan riwayat sejarahnya sering diambil untuk menyalakan obor PON, Asian Games, Asian Paragames hingga diambil untuk acara-acara keagamaan termasuk Hari Raya Waisak. 

Nanti sore api abadi Mrapen akan diarak dari markas DPC PDIP Grobogan. Sumarni menjelaskan ada 400 kader ranting sampai PAC PDIP Grobogan yang turut mengawal arak-arakan api abadi Mrapen sampai ke lokasi Rakernas PDIP. 

Untuk rute arak-arakan api abadi Mrapen dimulai dari DPC Grobogan lalu dilanjutkan ke Demak kemudian berhenti sejenak di DPD PDIP Jateng, Jalan Brigjen Sudharto, Majapahit Semarang. 

Selanjutnya arak-arakan api abadi Mrapen berlanjut ke Kendal, Pemalang, Pekalongan, Tegak, Brebes, Majalengka, Cirebon dan finishnya di tempat Rakernas PDIP di Jakarta.

"Jadi pada setiap kota disambut pelari yang bergerak untuk estafet," tutur Sumarni. 

Baca Juga: PDIP Gelar Rakernas 24-26 Mei di Ancol, Putuskan Sikap Partai

Berita Terkini Lainnya