TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mewujudkan Layanan Ramah Difabel di RS Panti Wilasa Citarum Semarang

YAKKUM rangkul RS Panti Wilasa Citarum

Seorang perempuan tuna grahita saat berjalan memakai alat bantu dinding khusus di RS Panti Wilasa Citarum Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Intinya Sih...

  • YAKKUM melibatkan RS Panti Wilasa Citarum untuk perluas pelayanan medis ramah terhadap difabel.
  • Pelibatan RS Citarum dalam pelatihan paramedis dan self guiding untuk pencegahan pelecehan terhadap disabilitas.
  • Harapan kerjasama RS Citarum dengan disabilitas untuk mendukung implementasi UU Kesehatan di Jawa Tengah.

Semarang, IDN Times - Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (YAKKUM) memutuskan melibatkan pihak RS Panti Wilasa Citarum Semarang guna memperluas pelayanan medis yang ramah terhadap para difabel

Baca Juga: PERSI Jateng: Dokter Spesialis Masih Kurang, Perlu Diatur Transparan

1. YAKKUM bantu perluas akses

Direktur PKMK YAKKUM, Arshinta MPU menuturkan pelibatan pengelola RS Panti Wilasa Citarum semata demi menambah pengetahuan bagi paramedis untuk meningkatkan kesadaran mengenai pola penanganan terhadap pasien maupun pengunjung kalangan disabilitas. 

"RS Citarum sudah ada langkah-langkah kongkrit seperti pelatihan bahasa isyarat, tapi juga kami melatih para fronliner, petugas penerima pendaftaran supaya mereka paham self guiding. Maka untuk SDM yang kami miliki di YAKKUM sudah dipastikan mampu membantu pencegahan pelecehan bagi para disabilitas," ujar Arshinta saat menyelenggarakan kegiatan diskusi dan hospital tur di RS Panti Wilasa Citarum belum lama ini. 

2. Dijadikan percontohan

Pihaknya pun berharap ke depannya RS Panti Wilasa Citarum bisa memperluas kerjasama dengan para disabilitas untuk menambah pengetahuan. 

Dengan merangkul disabilitas maka paling tidak rumah sakit bisa menunjukkan sikap yang positif untuk mendukung implementasi UU Kesehatan. 

"Ini adalah tindak lanjut dari implementasi UU kesehatan. Harapannya bisa direplikasi dari beberapa praktek dari rumah sakit YAKKUM di Jawa Tengah," sambungnya. 

Berita Terkini Lainnya