TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Teruji 3 Kali Pilpres, PAN dan Gerindra Sepakat Usung Sudaryono

Ketua PAN Jateng beri karpet merah ke Sudaryono

Ketua Gerindra Jateng Sudaryono dan Ketua PAN Jateng Sunarmin bersa jajarannya saat seremonial foto bareng di markas DPW PAN Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Intinya Sih...

  • DPW PAN Jateng berkolaborasi dengan Gerindra untuk usung Sudaryono sebagai calon gubernur dalam Pilgub Jateng.
  • Sunarmin menyatakan PAN tidak menuntut syarat dalam mendukung, hubungan politik PAN-Gerindra sudah terjalin sejak Pilpres 2014.
  • PAN akan total mendukung Sudaryono, bahkan memberikan kehormatan khusus berupa karpet merah sebagai rekan sesama Koalisi Indonesia Maju.

Semarang, IDN Times - Elite Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Tengah menyatakan telah menjalin kerjasama politik dengan Gerindra untuk memenangkan kontestasi Pilgub Jateng. Ketua DPW PAN Jawa Tengah, Sunarmin menegaskan kolaborasi dengan Gerindra akan diwujudkan dengan mengusung Sudaryono sebagai calon gubernur. 

"Insya Allah hubungan kita sudah teruji tiga kali pilpres kemarin selalu koalisi bersama Gerindra dalam melahirkan pemimpin nasional. Alhamdulillah kali ini berhasil sesuai harapan," tutur Sunarmin, Jumat (31/5/2024). 

Baca Juga: Kepala LKPP Hendrar Pribadi Mantapkan Tekad Nyalon Gubernur Jateng

1. Nama calon wakil gubernur diserahkan ke Sudaryono

Sunarmin yang telah menjadi kader PAN sedari tahun 1998 silam itu mengatakan, bahwa pihaknya tidak menuntut syarat apapun dalam mendukung. 

Dengan rekam jejak panjang terutama merupakan parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM), hubungan politik PAN dengan Gerindra sudah akrab terjalin sejak Pilpres 2014 atau sejak pertama kali Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden. 

"PAN sangat realistis. Kita belum memiliki fraksi sendiri, jadi kita memberikan dukungan kepada koalisi KIM di Jateng. Nanti nama wakil terbaik ditentukan dari calon gubernur," ungkap Sunarmin. 

2. PAN akan dukung total Sudaryono

Untuk saat ini partainya menyerahkan figur calon wakil gubernur kepada Sudaryono yang notabene telah disepakati diusung sebagai calon gubernur

Sunarmin mengaku partainya akan total mendukung Sudaryono menjadi gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024 mendatang. 

Bahkan, partainya akan memberi kehormatan khusus bagi Sudaryono yang juga merupakan Ketua Gerindra Jawa Tengah itu karena dianggap sebagai rekan sesama KIM. Bentuknya dengan memberikan karpet merah kepada Sudaryono. 

"Tentu saja akan memberi karpet merah (kepada Sudaryono maju cagub Jateng). Meski dalam kapasitas yang memutuskan ada di DPP. Tapi kami dalam ranah provinsi jalinan kami sudah luar biasa baik kerja politik kami bersama juga sudah teruji di lapangan," urainya.

Berita Terkini Lainnya