Jurnalis IDN Times Raih Juara II Anugerah Jurnalistik KAI 2021 

Dhana Kencana tulis tentang angkutan barang KAI

Semarang, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan penerima Anugerah Jurnalistik KAI 2021. Jurnalis IDN Times, Dhana Kencana berhasil meraih penghargaan sebagai Juara II untuk kategori media cetak dan online. 

1. Anugerah Jurnalistik KAI 2021 jaring 405 karya jurnalis

Jurnalis IDN Times Raih Juara II Anugerah Jurnalistik KAI 2021 Ilustrasi Reporter-Jurnalis (IDN Times/Arief Rahmat)

Dari proses penjurian yang ketat, PT KAI menetapkan enam karya terbaik yang terbagi dalam dua kategori, yaitu Media Cetak dan Online serta Televisi. Adapun, sejak Anugerah Jurnalistik KAI 2021 diumumkan hingga tenggat waktu pengumpulan karya, panitia berhasil menjaring 405 karya dari 143 media dan diikuti oleh 183 peserta.

Dengan mengusung tema 'Adaptasi KAI di Tengah Pandemi', PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan apresiasi kepada insan pers yang selama ini telah berkontribusi terhadap pemberitaan dan dukungan perusahaan. Tidak hanya itu, Anugerah Jurnalistik KAI 2021 juga sebagai bagian dari rangkaian acara HUT ke-76 KAI.

VP Public Relation KAI, Joni Martinus memberikan apresiasi kepada insan pers yang sudah berpartisipasi dalam Anugerah Jurnalistik KAI 2021 dan mengirimkan karya-karya terbaiknya.

"Antusiasme yang tinggi terhadap Anugerah Jurnalistik KAI 2021 ini membuktikan bahwa apa yang dilakukan KAI terus mendapat dukungan dari rekan-rekan media sebagai mitra kerja kami. Untuk itu kami ucapkan banyak terima kasih atas karya-karya terbaiknya," katanya melalui keterangan resmi yang diterima IDN Times, Selasa (28/9/2021).

Baca Juga: Angkutan Barang KAI: Sang Penerang Kala Pandemik Menghadang

2. Libatkan dewan juri yang kompeten di bidangnya

Jurnalis IDN Times Raih Juara II Anugerah Jurnalistik KAI 2021 ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Anugerah Jurnalistik KAI 2021 melibatkan dewan juri dari berbagai kalangan dan tentunya memiliki kompetensi di bidangnya. Mereka adalah Djoko Setijowarno selaku Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Royke Sinaga Kepala Redaksi Ekonomi Kantor Berita ANTARA, dan VP Public Relation KAI Joni Martinus.

Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI, Djoko Setijowarno mengapresiasi ajang lomba jurnalistik yang pertama kali diadakan oleh KAI ini. Baginya, ini bisa menjadi wadah perusahaan untuk mempererat hubungan dengan insan pers.

"Karya yang dikirimkan bagus-bagus. Terbukti banyak juga yang menyertakan sejumlah data. Karena dengan data, informasi yang kita sampaikan bisa lebih lengkap," ujar Djoko.

Sementara itu, Kepala Redaksi Ekonomi Kantor Berita ANTARA, Royke Sinaga berpandangan seluruh karya yang dikirimkan memiliki karakteristik dan objek penulisan yang sangat menarik.

"Tidak hanya karya dari media online dan cetak, tapi dari media televisi juga sangat menarik penyajian informasinya. Effort mereka dalam pembuatan karya ditambah dengan narasumber yang lengkap, ini menjadi poin plus tersendiri," tambah Royke.

3. Berikut daftar pemenang Angkutan Jurnalistik KAI 2021

Jurnalis IDN Times Raih Juara II Anugerah Jurnalistik KAI 2021 Kereta Api Bandara Soetta (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Kemudian, Jurnalis IDN Times, Dhana Kencana pada ajang lomba penulisan jurnalistik tersebut menulis karya yang berjudul Angkutan Barang KAI: Sang Penerang Kala Pandemik Menghadang. Jurnalis yang bertugas untuk IDN Times Regional Jawa Tengah itu menyoroti soal kinerja angkutan barang yang memberikan kontribusi positif pada masa pandemik.

Sementara dari hasil penjurian, Anugerah Jurnalistik KAI menetapkan pemenang untuk masing-masing kategori sebagai berikut:

- Untuk Kategori Media Online dan Cetak

  • Juara 1 Desi Angriani dari Medcom.id dengan karya berjudul 'Menanti Lompatan Baru Bisnis Kereta Api'
  • Juara 2 Dhana Kencana dari IDN Times dengan karya berjudul 'Angkutan Barang KAI: Sang Penerang Kala Pandemik Menghadang'
  • Juara 3 Rahayu Subekti dari Republika dengan karya berjudul 'Mengamankan Laju Lokomotif Saat Terusik Pandemi'

- Untuk Kategori Media Televisi

  • Juara 1 Swastia Ratna Ayu dari Berita Satu TV dengan karya berjudul 'Adaptasi KAI Agar Melaju'
  • Juara 2 Ferdi Setiawan dari Metro TV dengan karya berjudul 'Sehat dan Hemat, Jasa Kereta Api Bandara Yogyakarta'
  • Juara 3 Christie Leonita dari MNC TV dengan judul 'Aman Berkereta Saat Pandemi Covid-19'

4. Anugerah Jurnalistik KAI akan kembali digelar tahun 2022

Jurnalis IDN Times Raih Juara II Anugerah Jurnalistik KAI 2021 Ilustrasi kereta api (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Para pemenang pada masing-masing kategori tersebut berhak mendapatkan hadiah Rp10 juta untuk Juara 1, Rp7 juta untuk Juara 2, dan Rp5 juta untuk Juara 3. Tidak hanya itu, masing-masing pemenang juga memperoleh plakat dan sertifikat.

Selain itu, untuk mengapresiasi para peserta Anugerah Jurnalistik KAI 2021, KAI akan memberikan e-sertifikat yang akan dikirimkan ke masing-masing peserta terdaftar.

Anugerah Jurnalistik KAI sendiri direncanakan akan kembali digelar pada 2022 dengan jumlah kategori yang lebih variatif dengan tema yang tidak kalah menarik.

Baca Juga: Adaptasi untuk Bangkitkan Wisata Kereta Api

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya