6 Fakta Millennial Indonesia soal Musik dan Podcast, Suka Bajakan

Cuma sedikit yang mendengarkan musik K-Pop, lho

Semarang, IDN Times - Millennial Indonesia lebih banyak mendengarkan musik secara online melalui smartphone mereka. Perangkat smartphone menjadi pilihan utama dibandingkan laptop maupun pemutar MP3 (player) sekalipun untuk mendengarkan musik secara streaming.

Data dan fakta tersebut tersaji dalam Indonesia Millennial Report (IMR) 2022 oleh IDN Research Institute. Penasaran ingin lebih mendalam lagi? Simak penjelasannya berikut ini. 

1. Memilih mendengarkan musik lewat smartphone

6 Fakta Millennial Indonesia soal Musik dan Podcast, Suka Bajakanilustrasi orang mendengarkan musik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Indonesia Millennial Report 2022 melansir, sebanyak 91 persen millennial memilih mendengarkan musik menggunakan smartphone. Sisanya, mereka mendengarkan musik melalui televisi (14 persen), laptop (6 persen), MP3 player (6 persen), radio (5 persen), dan CD player (4 persen).

2. Masih ada yang menikmati musik bajakan

6 Fakta Millennial Indonesia soal Musik dan Podcast, Suka BajakanZarak Khan on Unsplash" target="_blank">Ilustrasi Streaming Musik. unsplash.com/@zarakvg

Sebagian besar dari mereka memilih untuk mendengarkan streaming musik yang gratis (free). Mereka tidak tertarik untuk berlangganan. Meskipun ada dari mereka, sebanyak 23 persen tertarik untuk berlangganan.

Pada Indonesia Millennial Report 2022 menyebutkan, hanya 1 dari 5 millennial yang bersedia membayar untuk berlangganan musik (subcriptions).

Dari jumlah itu diketahui, sebanyak 17 persen dari mereka justru menikmati musik secara bajakan.

3. Youtube menjadi favorit millennial Indonesia

6 Fakta Millennial Indonesia soal Musik dan Podcast, Suka Bajakanilustrasi YouTube (unsplash.com/@nordwood)

Platform Youtube milik Google menjadi pilihan favorit millennial untuk mendengarkan streaming musik secara gratis untuk mengaksesnya karena sebanyak 64 persen dari mereka selalu menggunakannya.

Indonesia Millennial Report 2022 menyebutkan, Youtube lebih populer bagi mereka dibandingkan layanan serupa, seperti JOOX (18 persen), Spotify (11 persen), dan termasuk turunannya, Youtube Music (12 persen).

Mereka berdalih, platform Youtube sudah ada di dalam smartphone. Sementara yang lainnya, mengharuskan mereka untuk donwload terlebih dahulu jika ingin mendengarkan musik.

4. Millennial lebih suka musik genre Pop

6 Fakta Millennial Indonesia soal Musik dan Podcast, Suka BajakanUnsplash.com/Ilias Chebbi

Untuk selera, millennial lebih banyak menikmati genre musik Pop (59 persen). Sisanya atau sebanyak 17 persen tidak mempunyai preferensi khusus dan memilih menikmati semua genre musik yang disajikan pada platform layanan streaming musik.

5. Gak banyak millennial yang mendengarkan K-Pop

6 Fakta Millennial Indonesia soal Musik dan Podcast, Suka BajakanBTS setelah pertunjukan di Lotte Family Concert. (twitter.com/bts_bighit)

Artis internasional yang terkenal di kalangan millennial Indonesia adalah Justin Bieber. Urutan selanjutnya adalah Adele, Tylor Swift, dan Ed Sheeran.

Meskipun booming dalam beberapa tahun terakhir, hanya 14 persen millennial Indonesia yang tertarik mendengarkan K-Pop. Idola Korea yang paling populer di mata millennial untuk K-Pop yang pertama adalah BTS. Kemudian urutan kedua adalah BLACKPINK dan IU.

6. Millennial lebih suka podcast komedi

6 Fakta Millennial Indonesia soal Musik dan Podcast, Suka Bajakanilustrasi podcast atau siniar (pexels.com/George Milton)

Selain musik, dalam Indonesia Millennial Report 2022 menunjukkan bahwa millennial Indonesia juga banyak yang mendengarkan podcast (siniar). Perbandingannya adalah 1 dari 4 millennial mendengarkan podcast.

Podcast dengan topik hiburan menjadi favorit millennial, seperti komedi (60 persen). Pasalnya, mereka mendengarkan podcast untuk fun.

Podcast soal berita dan politik (34 persen) menjadi pilihan kedua mereka. Dilanjutkan podcast dengan topik kesehatan (33 persen), budaya (30 persen), bisnis atau keuangan (30 persen), olahraga (26 persen), dan agama (20 persen).

Baca Juga: Potret Antusias Pengemar Musik Rock Saat Konser Dream Theater di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya