Hilang 25 Tahun Karena Takut Sunat, Warga Klaten Ditemukan di Jogja

Kabur dari rumah karena takut disunat.

Klaten, IDN Times - Amini (67) warga Dukuh Kauman, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah merasa lega saat anaknya, Agus Ahmadi (38) kembali ke rumahnya pada Rabu (25/1/2023).

Diketahui, kepulangan Agus ini menjadi kegembiraan bagi orang tuanya atas lantaran sudah 25 tahun pergi meninggalkan rumah.

Baca Juga: 25 Tahun Pergi Dari Rumah Karena Takut Sunat, Agus Akhirnya Pulang

1. Menghilang karena takut disunat.

Hilang 25 Tahun Karena Takut Sunat, Warga Klaten Ditemukan di JogjaAgus Ahmadi (kiri) kabur dari rumah sejak 25 tahun. (IDN Times/Larasati Rey)

Menurut Amini, anaknya meninggalkan rumah pada tahun 1998 lalu saat berusia 12 tahun. Alasan utama Agus pergi dari rumah kala itu karena takut akan disunat.

Namun pihak keluarga tidak menyangka kepergian Agus tersebut ternyata pergi dalam waktu lama bahkan dikatakan menghilang.

"Ceritanya dulu mau disunat tapi takut. Lalu pergi dari rumah sama temannya. Dan gak pulang, sampao 25 tahun ini," jelas Amini, Jumat (27/1/2023).

2. Pencarian dilakukan dengan berjalan kaki.

Hilang 25 Tahun Karena Takut Sunat, Warga Klaten Ditemukan di JogjaGoogle.com

Selama kepergian putranya, Agus mengaku telah mencari kemana-mana. Ia melakukan pencarian mulai dari Solo, Boyolali, hingga ke wilayah Yogyakarta. Ia menceritakan pencarian anak bungsu dari tiga bersaudara tersebut dilakukannya dengan berjalan kaki. 

"Masuk ke pasar-pasar, desa-desa ndak ketemu. Badan saya sampai kurus kering karena kepikiran anak saya waktu itu. Selama lima tahun sejak kepergiannya saya seperti orang bingung mencari kemana-mana tidak ketemu," katanya.

Sudah berusaha mencari, Amini mengaku pernah putus asa dan pasrah akan kepergian Agus. Sebagai orang tua tunggal yang bermata pencaharian buruh, ia harus menunda sejenak mencari Agus lantaran haru berjuang mencari nafkah untuk kedua anaknya yang lain.

3. Pernah dapat kabar Agus meninggal.

Hilang 25 Tahun Karena Takut Sunat, Warga Klaten Ditemukan di JogjaIlustrasi Mayat (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut, Amini mengaku pernah mendapat kabar jika Agus telah meninggal dunia, kabar tersebut bahkan diterima secara berkali-kali.

Namun, Amini tetap berkeyakinam jika buah hatinya tersebut masih hidup.

"Saya bahagia sekali, akhirnya penantian saya selama ini berakhir. Anak saya ketemu dan kembali ke rumah," kata Amini. 

Agus sendiri ditemukan di pasar Kepek, Timbulharjo, Bantul, DIY. Selama ini Agus hidup di Pasar Kepek.

Meskipun tanpa sanak saudara, namjn karakter Agus yang dinilai baik hati mampu memicu kepedulian orang-orang pasar. Sehingga mereka bersama-sama merawat Agus. 

"Orang yang menemukan ini ndak membiarkan kami menjemput Agus. Mereka baik malah mau mengantar. Katanya mereka pengen tahu daerah sini, jadi kalau kangen sama Agus bisa sewaktu-waktu ke sini," pungkas Amini.

Baca Juga: Menguak Praktik Sunat Perempuan di Jawa Tengah: Antara Syar'i dan Diharamkan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya