Comscore Tracker

KLB Virus Corona, Ini Daftar Pusat Rekreasi di Solo yang Tutup 2 Pekan

Mulai dari kebun binatang sampai kawasan olahraga ditutup

Semarang, IDN Times - Pasca ditetapkannya stastus kejadian luar biasa (KLB) di Solo pada Jumat (13/3) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, langsung ditindak lanjuti oleh sejumlah pihak pengelola tempat wisata. Banyak dari mereka yang memilih untuk menutup sementara pusat rekreasi, guna mengurangi intensitas kontak fisik antar manusia sebagai antisipasi penyebaran virus corona (COVID-19).

1. TSTJ ditutup selama 14 hari

KLB Virus Corona, Ini Daftar Pusat Rekreasi di Solo yang Tutup 2 Pekansolo.korinatour.co.id

Direktur Utama Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo, Bimo Wahyu Widodo mengatakan kebun binatang satu-satunya di Kota Solo itu akan ditutup selama dua pekan mulai Senin (16/3) hingga Minggu (29/3). Penutupan untuk menindaklanjuti status KLB virus corona di Solo yang telah ditetapkan Pemkot Surakarta.

Kendati ditutup selama dua pekan, Bimo menambahkan kegiatan operasional para pegawai TSTJ akan tetap berjalan seperti biasa. Sebab para pegawai itu memiliki kewajiban untuk merawat koleksi satwa yang ada di kebun binatang.

"Kami akan bekerja seperti biasa. Kemudian juga hal-hal mengenai operasional intern, kita akan berusaha seperti biasa. Teman-teman akan kita koordinasikan untuk lebih berhati-hati sesuai dengan arahan pola hidup bersih dan sehat," ujarnya Sabtu (14/3).

2. Night Market Ngarsopuro Ditutup

KLB Virus Corona, Ini Daftar Pusat Rekreasi di Solo yang Tutup 2 PekanInstagram.com/pemkotsurakarta

Selain kebun binatang, kegiatan mingguan yakni Night Market Ngarsopuro yang biasa digelar setiap Sabtu malam juga ditiadakan.

Pihak Dinas Koperasi dan UKM Kota Solo memilih untuk menutup kawasan wisata malam Kota Solo tersebut untuk mencegah penyebaran virus corona. Informasi penutupan sendiri telah tersebar di media sosial dan tidak dicantumkan kapan penututupan kawasan pedagangan tersebut kebali dibuka.

Baca Juga: 14 Poin Kebijakan Pemkot Solo Setelah Penetapan KLB Virus Corona 

3. Kegiatan olahraga ditiadakan

KLB Virus Corona, Ini Daftar Pusat Rekreasi di Solo yang Tutup 2 PekanIDN Times/Larasati Rey

Selain menutup sejumlah kawasan wisata, Pemkot Solo juga menutup sementara area olahraga yang sering digunakan setiap Minggu pagi oleh warga Solo. Seperti kegiatan Car Free Day (CFD), kawasan Stadion Manahan, dan kawasan Stadion Sriwedari Solo.

Tak hanya itu, sejumlah pertandingan juga ditunda, bahkan event nasional yang Pocari Sweat Run Solo yang diikuti puluhan ribu peserta lari tersebut terpaksa dibatalkan. Pihak panitia akan mengembalikan seluruh biaya pendaftaran dan racepack kepada masing-masing peserta paling lambat 21 Maret 2020.

4. Perpustakaan Solo ditutup

KLB Virus Corona, Ini Daftar Pusat Rekreasi di Solo yang Tutup 2 PekanMaskaRad

Tak hanya tempat wisata dan kawasan olahraga yang ditutup. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Solo juga mengeluarkan pengumuman penutupan sementara seluruh kegiatan perpustakaan.

Mulai dari; pelayanan arsip, pelayanan perpustakaan umum, pelayanan mobil perpustakaan keliling, dan pelayanan perpustakaan kampung. Seluruh pelayanan tersebut mulai ditutup sementara mulai Senin (16/3) hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Baca Juga: Kota Solo KLB Virus Corona, Wali Kota Rudy: Dikatakan Lockdown Boleh

Topic:

  • Larasati Rey
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya