Comscore Tracker

Ortu Meninggal COVID-19, Gibran Jamin Pendidikan 3 Anak Yatim Piatu

Pemkot Solo sedang mencari anak-anak yang nasibnya serupa

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memberikan jaminan pendidikan kepada tiga anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena COVID-19.

Terutama untuk tiga orang anak dibawah umur, yaitu Early Oryza Nesta Sarjono (16), Efelyn Dora Lifinia (14), dan Rio Andreas Steny (12). Orangtua mereka, Petrus Sarjono (48) meninggal dunia akibat virus corona belum lama ini dan sang Ibu, Theresia Maya Mulyaningsih (44) sudah tiada pada Februari 2020 karena sakit.

1. Pendidikan ketiga anak yatim piatu dijamin Pemkot Solo

Ortu Meninggal COVID-19, Gibran Jamin Pendidikan 3 Anak Yatim PiatuDua anak Sarojo, warga Solo yang meninggal karna Covid-19. IDNTimes/Larasati Rey

Bantuan pendidikan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan diberikan kepada mereka. Kendati tidak merinci secara detail bantuan pendidikan yang diberikan, Gibran mengaku tiga anak tersebut menjadi skala prioritas pemerintah.

"Sudah disiapkan sama Gilang (red: ajudan) yang penting ini pendidikannya kita bantu," ujarnya Rabu (28/7/2021).

Baca Juga: Ayah Meninggal Terpapar COVID-19, 3 Anak di Solo Ini Kini Yatim Piatu

2. Gibran cari anak-anak lain yang terdampak COVID-19

Ortu Meninggal COVID-19, Gibran Jamin Pendidikan 3 Anak Yatim PiatuWali Kota Solo, Gibran Rakabuming (IDN Times/Larasati Rey)

Saat ini Pemkot Solo sedang mendata anak-anak yang menjadi yatim piatu akibat orang tuanya meninggal akibat COVID-19. Sebab, jumlahnya di Kota Solo tidak sedikit.

"Ya kita cari yang ditinggal orang tuanya. Kasian pokoknya, jadi kita sortir dulu anak-anak yang terdampak karena orang tuanya meninggal kena COVID-19. Kematian di Solo kan cukup tinggi, pokoknya yang jelas prioritas untuk adik-adik yang masih dibawah umur nanti kita bantu," ujarnya.

3. Angka kematian virus corona di Kota Surakarta tembus 877 kasus

Ortu Meninggal COVID-19, Gibran Jamin Pendidikan 3 Anak Yatim PiatuTim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 memakamkan jenazah pasien positif COVID-19 (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, hingga Rabu (28/7/2021), jumlah terkonfirmasi kasus positif COVID-19 di Kota Surakarta mencapai 22.790 orang.

Rinciannya, sebanyak 2.200 orang menjalani isolasi mandiri, 260 orang dirawat, 19.453 orang dinyatakan sembuh, dan 877 orang meninggal dunia.

Baca Juga: Viral 2 Anggota DPRD Solo Karaoke Ria Acara Ultah saat PPKM Darurat

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya