Viral! Paspampres Pukul Sopir Truk di Solo, Gibran Ngaku Malu

Kejadian didekat kediaman Gibran.

Surakarta, IDN Times - Sebuah peristiwa kasus dugaan pemukulan oleh oknum anggota Paspampres di simpang 4 Girimulyo, Manahan, Solo, viral di media sosial twitter pada Selasa (09/8/2022). Melalui cerita text yang diunggah oleh akun @txtdrberseragam pada Kamis (11/8/2022) pukul 21.10 WIB mengunggah cerita pemukulan Paspampres kepada sopir truk.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka melalui akun Twitternya, @gibran_tweet, bahkan langsung memberikan tanggapannya. Putra sulung Presiden Jokowi itu berjanji untuk mencari pelaku pemukulan terhadap korban yang merupakan sopir truk tersebut. “Saya cari orangnya,” tulis Gibran.

Baca Juga: Jokowi Sapa Warga di CFD Solo dan Tinjau Proyek Gibran, Mangkrak?

1. Langsung panggil oknum Paspampres yang bersangkutan.

Viral! Paspampres Pukul Sopir Truk di Solo, Gibran Ngaku MaluTwitter: @gibran_tweet

Pada Jumat (12/8/2022) Gibran langsung memanggil oknum Paspampres yang bersangkutan yakni bernama Hari Misbach. Ia didampingi oleh Komandan satu timnya memenuhi panggilan tersebut di Balaikota Surakarta. Gibran juga memanggil korban yang merupakan sopir truk, pemilik mobil rental, dan sopir yang digunakan oknum anggota Paspampres.

Usai pertemuan tersebut, anggota Paspampres Hari Misbah mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada korban maupun masyarakat Kota Solo.

“Saya salah, saya minta maaf atas kesalahan saya dan tidak akan mengulangi kesalahan saya. Saya minta maaf kepada bapak yang saya pukul dan keluarganya. Karena perbuatan saya, mungkin menyakiti hati dan keluarganya,” ujarnya.

2. Kronologi kejadian.

Viral! Paspampres Pukul Sopir Truk di Solo, Gibran Ngaku Maluilustrasi sisa waktu hijau APILL (unsplash.com/basvde)

Kepada awak media, Hari menceritakan saat kejadian dirinya sedang dalam perjalanan menuju kawasan Sumber dengan menumpang mobil roda empat bersama sopir. Saat itu, mobil yang ditumpanginya berjalan dari arah timur Jalan Ahmad Yani menuju jalan Letjen Suprapto.

Setiba di simpang empat Girimulyo lampu APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) menunjukkan warna merah. Namun ia memaksakan kendaraan yang ditumpanginya untuk terus melaju.

“Posisi sudah merah kami masih maksain maju, terus dari depan mobil udah nutup,” ungkapnya .

Disaat yang bersamaan, melintas sebuah truk dari arah Tugu Wisnu belok kiri ke arah yang sama. Kedua kendaraan pun akhirnya saling bersenggolan, sehingga mengakibatkan mobil yang ditumpangi Hari dan sopirnya mengalami kerusakan.

Usai insiden tersebut, Hari melakukan pemukulan dan meminta SIM milik sopir truk tersebut. Penanahan SIM sendiri dilakukan untuk mempermudah komunikasi usai peristiwa. Namun, saat ini SIM yang dibawa pemilik mobil rental yang digunakan oleh Hari, sudah mengembalikan SIM milik sopir tersebut.

“Sudah ketemu tadi sama bapaknya, SIM sudah dikembalikan,” jelasnya lagi.

Hari juga mengaku saat kejadian tidak sedang melakukan pengawalan atau sedang ada keperluan yang mendesak. Hari juga mengaku khilaf atas adanya pemukulan tersebut, ia juga mengakui kesalahannya.

“Siap tidak ada (pengawalan), murni kesalahan saya,” pungkasnya.

3. Gibran mengaku malu.

Viral! Paspampres Pukul Sopir Truk di Solo, Gibran Ngaku MaluGibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka megaku geram dengan adanya oknum yang bertindak arogan tersebut. Ia juga merasa malu dan tidak terima karena kejadian tersebut dekat dengan kediamannya yakni di Sumber, Banjarsari, Solo.

"Ya saya tidak terima warga saya digituin di gak salah kok, Paspampres nya juga posisi tidak mengawal siapa-siapa," kata Gibran.

Gibran bahkan sudah melihat langsung peristiwa tersebut melalui CCTV yang terpasang di APILL Gumuk Mulyo tersebut. Menurutnya, kejadian tersebut sangat jelas terjadi pemukulan.

"Tanggung saya melindungi warga yang dipukul, CCTV nya sudah saya pegang juga jelas banget kejadiane kasar banget, kejadiannya juga didekat rumah saya, bayang no aku isin banget," pungkas Gibran.

Baca Juga: Gibran Hadiahkan Keris ke Para Personel Dream Theater

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya