Warga Muhammadiyah Sambut Hangat Ridwan Kamil di Arena Muktamar

Merupakan dukungan untuk kelompok Islam.

Surakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menghadiri pembukaan Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (19/11/2022).

Kehadiran orang nomor satu di Jawa Barat itu, disambut hangat warga Muhammadiyah. Terlebih melihat kansnya yang besar sebagai salah satu kandidat calon presiden (capres) mendatang, tentu publik antusias melihat sosok Ridwan Kamil.

Baca Juga: Muktamar Muhammadiyah, Jokowi: Indonesia Bisa Jadi Titik Terang Dunia

1. Selalu mendukung kelompok Islam

Warga Muhammadiyah Sambut Hangat Ridwan Kamil di Arena MuktamarIDN Times/Galih Persiana

Kepada para wartawan, Ridwan Kamil mengaku senang bisa datang langsung memenuhi undangan Muktamar Muhammadiyah ke-48. Dirinya mengucapkan selamat atas terselenggaranya Muktamar Muhammadiyah tersebut.

“Selamat Muktamar Muhammadiyah ke-48. Membawa semangat Islam dan kemajuan yang nyata. Ribuan fasilitas sosial, termasuk rumah sakit dan sekolah, dibangun oleh Muhammadiyah. Menjadi contoh Islam yang rahmatan lil ‘alamin,” katanya.

Pemprov Jabar, lanjut Kang Emil, selalu mendukung Islam berkemajuan, menebar semangat yang sama dengan Muhammadiyah. “Hablumminallah dan hablumminannas-nya ada,” ucapnya.

Hubungan Ridwan Kamil dan kendaraan politik yang identik dengan warga Muhammadiyah (Partai Amanat Nasional / PAN) selama ini, juga cukup baik. Bahkan Sekjen PAN, Eddy Soeparno mengungkapkan, jika RK intens berkomunikasi dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan.

“Alhamdulillah komunikasinya baik bahkan intens dengan Pak Zul, intens dengan saya, kami berharap Pak RK juga semakin dekat dengan PAN,” kata Eddy Soeparno di kantor DPP PAN, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu malam (9/11).

2. Miliki elektabilitas tinggi.

Warga Muhammadiyah Sambut Hangat Ridwan Kamil di Arena MuktamarIDN Times/Galih Persiana

Modal Ridwan Kamil dalam kontestasi Pilpres 2024 memang cukup signifikan. Dalam banyak survei, elektabilitas mantan Wali Kota Bandung itu selalu menunjukkan raihan positif.

Terbaru, survei Litbang Kompas pada 24 September - 7 Oktober 2022, menempatkan Ridwan Kamil di posisi puncak elektabilitas capres papan tengah.

Mengumpulkan 8,5 persen pilihan responden, Ridwan Kamil jauh unggul dari Sandiaga Uno (2,5%), Andika Perkasa (2,3%), Agus Harimurti Yudhoyono (2,2%),
Tri Rismaharini (1,2%), Puan Maharani (1%), Basuki Tjahaja Purnama (0,7%), Erick Thohir (0,7%), Harry Tanoesoedibjo (0,7%), Airlangga Hartarto (0,5%), dan Muhaimin Iskandar (0,3%).

Menariknya lagi dari sosok Ridwan Kamil, elektabilitas kepala daerah dengan segudang ide dan inovasi itu melesat kurun Juni-Oktober 2022. Jika di Juni 2022, Kang Emil meraih 3,3 persen, maka di Oktober 2022 naik eksponensial menjadi 8,5 persen.

Peningkatan elektabilitas Ridwan Kamil secara signifikan, juga pernah terjadi di Oktober 2019 ke Oktober 2021. Dari raihan 3,3 persen menanjak 5 persen.

Survei Litbang Kompas Oktober 2022 dilakukan melalui wawancara tatap muka. Total 1.200 responden menyampaikan pilihan mereka, yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi Indonesia.

3. Dekat dengan kelompok Islam.

Warga Muhammadiyah Sambut Hangat Ridwan Kamil di Arena MuktamarRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kedekatan Ridwan Kamil dengan organisasi keagamaan di negeri ini (NU, Muhammadiyah, Persis) bukanlah hal baru. Apalagi ayah mendiang Eril itu, merupakan cucu dari ulama tatar Sunda yang ikut mengusir penjajah Belanda dari tanah Jawa Barat, KH Muhyiddin.

Sepeninggalnya, KH Muhyiddin mewariskan delapan Pondok Pesantren yang tersebar di Jawa Barat. Dikenal dengan nama Pontren Pagelaran 1-8. Sehingga otomatis religiusitas, akhlakul karimah, rasa hormat kepada para kiai, mudah terlihat dari sosok Ridwan Kamil.

Baca Juga: Cerita Warga Muhammadiyah Rela Sewa Kapal Demi Ikut Muktamar Ke-48 di Solo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya