TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada Kasus Positif COVID-19, Satu Swalayan di Semarang Ditutup

Untuk memutus mata rantai virus corona

Ilustrasi toko swalayan. unsplash/Hanson Lu

Semarang, IDN Times - Setelah menutup Pasar Karangayu dan Pasar Mangkang, Pemerintah Kota Semarang akan menutup paksa salah satu swalayan di Ibu Kota Jawa Tengah. Penutupan tersebut dilakukan karena ada temuan kasus positif virus corona (COVID-19) yang terkonfirmasi dari hasil tes swab di lokasi tersebut.

Baca Juga: Lagi, 2 Klaster Baru Ada di Semarang, 9 Pedagang Pasar Positif Corona

1. Pengelola masih enggan melakukan penutupan swalayan

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Dok. Pemkot Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, pihaknya belum mau menyebutkan secara detail swalayan yang dimaksud. Tapi ia memastikan penutupan akan dilakukan pada Selasa (9/6).

"Kami menekankan jika pihak pengelola swalayan masih enggan melakukan penutupan meski sudah ditemukan kasus positif COVID-19 di sana, maka Pemerintah Kota Semarang akan mengambil tindakan untuk menutup paksa," ungkapnya melalui keterangan resmi, Senin (8/6). 

Upaya penutupan dilakukan demi menjaga komitmen dalam memutus mata rantai COVID-19 di Kota Semarang.

2. Penutupan paksa swalayan akan dilakukan Selasa (9/6)

(ANTARA FOTO/Fauzan)

Menurutnya, dengan adanya penutupan tersebut, tidak ada alasan untuk condong ke pihak manapun dalam mengambil kebijakan. 

"Jadi ada satu swalayan yang akan kita tutup besok, saya belum bisa menyebutkan namanya. Namun, dalam rapat saya putuskan, kalau yang bersangkutan pengunjungnya ada positif, kemudian tidak mau menutup, besok segera tutup paksa. Saya sampaikan dalam rapat, jangan sampai kemudian pemikiran kok berat sebelah," tuturnya.

Sementara itu, Hendi mengungkapkan, akan terus melakukan tes massal COVID-19 pada sejumlah titik keramaian di Ibu Kota Jawa Tengah. Baginya dengan didapatkannya hasil dari tes massal, maka upaya Pemkot Semarang untuk memutus mata rantai akan semakin tepat. 

Baca Juga: Tren Kasus Corona Naik, Pemkot Semarang Longgarkan Kegiatan di PKM III

Berita Terkini Lainnya