TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dimulai! Syarat dan Cara Daftar Vaksinasi Booster COVID-19 di Semarang

Cek lokasi vaksinasi di victori.semarangkota.go.id/info

Ilustrasi tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Semarang, IDN Times - Vaksinasi booster COVID-19 di Kota Semarang mulai dilakukan hari ini, Rabu (12/1/2022). Sebanyak 37 puskesmas dan sejumlah rumah sakit di Ibu Kota Jawa Tengah menggelar vaksinasi tersebut. 

Baca Juga: Unik! Punakawan Pakai Kereta Kelinci Jemput Anak Vaksinasi di Semarang

1. Calon penerima harus sudah vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan

Ilustrasi vaksin COVID-19 untuk disuntikkan ke penerima vaksin. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Seperti yang disampaikan Presiden RI, Joko Widodo vaksin dosis ketiga itu diberikan secara gratis kepada masyarakat umum secara bertahap. Adapun pada tahap pertama, lansia dan kelompok rentan usia 18 tahun keatas akan terlebih dahulu mendapatkan vaksin booster.

Melansir dari akun Instagram Dinas Kesehatan Kota Semarang @dkksemarang, berikut syarat dan cara mendaftar vaksinasi booster COVID-19.

Pertama, calon penerima vaksin harus sudah melaksanakan vaksin dosis kedua lebih dari enam bulan. Selanjutnya, warga bisa mendaftar terlebih dahulu, mengecek informasi jadwal dan lokasi pelaksanaan vaksinasi booster COVID-19 di Kota Semarang melalui victori.semarang.go.id/info.

2. Harus memiliki e-ticket booster pada aplikasi PeduliLindungi

Tenaga kesehatan mengarahkan warga untuk ke ruang observasi usai vaksin COVID-19 dosis ketiga pada vaksinasi booster COVID-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Jakarta, Rabu (12/1/2022). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Setelah mengambil kupon pendaftaran secara online, warga bisa mendatangi lokasi vaksinasi dengan membawa fotokopi KTP/KK dan menunjukkan sertifikat vaksin atau kartu vaksin dosis kedua.

Kemudian, warga juga harus memiliki e-ticket booster pada aplikasi PeduliLindungi. Sementara itu, Dinas Kesehatan akan memberikan tiga jenis vaksin booster kepada penerima antara lain, Astra Zeneca, Pfizer, dan Moderna.

Vaksin Astra Zeneca sebanyak 0,25 milliliter diberikan kepada warga yang menerima vaksin Sinovac dosis pertama dan kedua. Kemudian, vaksin Pfizer sebanyak 0,15 milliliter diberikan kepada masyarakat yang menerima vaksin Sinovac dosis pertama dan kedua. Lalu, vaksin Moderna sebanyak 0,25 millimeter diberikan kepada masyarakat yang menerima vaksin Astra Zeneca dosis pertama dan kedua.

Baca Juga: Syarat Dapat Vaksinasi Booster di Semarang, Bisa Sambil Ngemal Lho

Berita Terkini Lainnya