TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pipa Resapan Terpasang di Daerah Rawan Kekeringan di Semarang 

PDAM diminta suplai air bersih

Ilustrasi lahan sawah mengalami kekeringan. (ANTARA FOTO/Jojon)

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang mengantisipasi terjadinya musim kemarau panjang atau El Nino dengan memasang pipa resapan di beberapa titik wilayah di Ibu Kota Jawa Tengah.

Baca Juga: Efek El Nino Lemah dan Moderat, Kemarau di Jateng Tetap Diselingi Hujan

1. Pipa resapan dipasang di Sendangmulyo dan Jabungan

Ilustrasi Sumur resapan air SMP 207 Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Wilayah yang disasar dan menjadi perhatian khusus antara lain, Kelurahan Sendangmulyo dan Jabungan. Pemasangan di lokasi tersebut menyusul dari pemasangan yang dilakukan pada Juni 2022 lalu.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pihaknya mengantisipasi kekeringan dengan memasang pipa resapan di beberapa titik yang rawan kekeringan.

“Meskipun, sampai sekarang belum ada laporan, tapi antisipasi pasti ada, karena konon akan terjadi El Nino. Kemarin sudah dibuat pipa resapan di Sendangmulyo dan Jabungan, harapannya tidak ada lagi kekeringan,” ungkapnya, Kamis (8/6/2023).

2. BMKG prediksi kemarau panjang hingga pertengahan tahun

ANTARA FOTO/Arnas Padda

Pada Juni 2022, sebanyak 90 pipa resapan telah terpasang, terdiri atas 45 pipa resapan dipasang di Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang dan 45 pipa di Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik. Inovasi tersebut merupakan kolaborasi dengan Universitas Semarang (USM) dalam program pengabdian masyarakat yang kemudian dilanjutkan pada Desember 2022 sebanyak 22 pipa di Kelurahan Sendangmulyo, Kecamatan Tembalang.

Sebelumnya, sempat viral beberapa informasi mengenai kemarau panjang yang akan terjadi di Indonesia pada pertengahan tahun 2023. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mengeluarkan himbauannya kepada masyarakat agar dapat menyiapkan hal-hal yang perlu dilakukan untuk menghadapi kemarau panjang tersebut.

Baca Juga: Efek El Nino Lemah dan Moderat, Kemarau di Jateng Tetap Diselingi Hujan

Berita Terkini Lainnya