TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PLN Upayakan Keandalan Pasokan Listrik di Tengah Pandemik COVID-19  

Jaga keselamatan ketenagalistrikan

Ilustrasi pengecekan listrik oleh pegawai PT PLN Dok. PLN

Semarang, IDN Times - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang terus berupaya menjaga pasokan listrik kepada para pelanggan di tengah pandemik COVID-19. Langkah tersebut sekaligus untuk menjaga kontinuitas agar listrik selalu andal.

Baca Juga: Begini Cara Dapat Listrik Gratis dan Diskon PLN Bisa Akses di WhatsApp

1. Saat pandemik COVID-19 listrik jadi kebutuhan penting

Warga memasukan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Manager PLN UP3 Semarang, Donny Adriansyah mengatakan, khususnya di tengah pandemik ini listrik menjadi suatu kebutuhan yang penting. Hampir seluruh sendi kehidupan memerlukan listrik untuk menjalankan proses bisnisnya, mulai dari sektor industri, bisnis, pemerintahan, sosial, serta rumah tangga. 

"Salah satu upaya yang kami lakukan, yaitu  menjaga pasokan listrik dengan melakukan pemeliharaan jaringan. Adapun, PLN untuk kegiatan pemeliharaan jaringan tersebut dilakukan secara rutin," katanya melalui keterangan resmi, Jumat (19/6). 

Secara bertahap, seluruh jaringan listrik di wilayah kerja PLN akan melalui proses pemeliharaan. Pemeliharaan jaringan ini terdiri atas beberapa kegiatan, seperti penggantian peralatan dan material yang telah usang, penggantian tiang dan peninggian andongan kabel yang rendah, serta menjaga jarak aman jaringan dari pohon dengan kegiatan pemotongan pohon.

2. Pemeliharaan jaringan listrik dilakukan rutin

Dok. PLN

Donny menuturkan, dalam kegiatan pemotongan pohon, pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang. Hal ini agar hasil pemotongan pohon aman dan tetap memenuhi kaidah estetika tata kota. 

"Tentunya dalam melakukan kegiatan pemeliharaan ini tidak bisa serta merta. Namun, harus terjadwal dengan baik, karena terkadang hal ini membutuhkan pembebasan tegangan listrik demi keselamatan petugas pelaksana," tuturnya.

Baca Juga: Tagihan Listrik Bulan Juni Melonjak? Ini Jawaban PLN

Berita Terkini Lainnya