Begini Cara Dapat Listrik Gratis dan Diskon PLN Bisa Akses di WhatsApp

Bisa diakses melalui website, Whatsapp, hingga hubungi RT/RW

Semarang, IDN Times - PLN Jawa Tengah dan DIY telah menyiapkan mekanisme untuk mendapatkan pembebasan tagihan dan diskon listrik bagi pelanggan bersubsidi yakni gratis tiga bulan untuk pelanggan listrik 450 VA dan potongan 50 persen untuk pelanggan 900 VA. Mereka bisa mengakses melalui website, Whatsapp, hingga menghubungi RT/RW.

1. Ini cara bagi pelanggan listrik 450 VA

Bagi pelanggan listrik dengan daya 450 VA pascabayar, PLN akan langsung membebaskan tagihan pada bulan April, Mei dan Juni. Sedangkan untuk pelanggan prabayar berdaya sama, dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan melalui Whatsapp ke nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id. 

‘’Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir,’’ ungkap General Manager PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta,  Feby Joko Priharto melalui keterangan resmi, Jumat (3/4).

Baca Juga: Pembebasan Tagihan dan Diskon Listrik Mulai Disosialisasikan 

2. Ini cara bagi pelanggan 900 VA

Begini Cara Dapat Listrik Gratis dan Diskon PLN Bisa Akses di WhatsAppDok. PLN UID Jateng dan DIY

Kemudian bagi pelanggan pascabayar subsidi 900 VA, diskon tarif 50 persen akan diperoleh secara otomatis. 

‘’Jadi, nanti pada rekening yang dibayar setiap  akan dikurangi 50 persen. Sedangkan bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam tiga bulan terakhir,’’ katanya.

3. Begini cara pengambilan token gratis

Begini Cara Dapat Listrik Gratis dan Diskon PLN Bisa Akses di WhatsAppIlustrasi (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Adapun, mekanisme untuk pengambilan token gratis bagi pelanggan listrik 450 VA dan diskon 50 persen bagi pelanggan listrik 900 VA bersubsidi, yakni dengan mengakses website www.pln.co.id. Kemudian, masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus COVID-19.

Lalu, masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter, dan token gratis akan ditampilkan di layar. Terakhir, pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Kemudian, bagi yang ingin mengakses melalui Whatsapp dapat mengirim pesan ke nomor 08122-123-123. Melalui cara kirim pesan ke 08122-123-123, lalu ikuti petunjuk dan masukkan ID Pelanggan.

Token gratis akan muncul dan pelanggan tinggal memasukkan token tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Adapun dengan ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

4. Tidak bisa akses internet atau Whatsapp bisa hubungi RT/RW

Begini Cara Dapat Listrik Gratis dan Diskon PLN Bisa Akses di WhatsAppDok. PLN UID Jateng dan DIY

Feby menambahkan, bagi pelanggan yang tidak bisa menjangkau internet dan aplikasi Whatsapp, masih ada cara lain untuk mendapatkan pembebasan dan keringanan tagihan listrik.

‘’Pelanggan silakan menghubungi perangkat pemerintah setempat atau RT/RW untuk meminta bantuan dalam hal aksesnya,’’ tuturnya. 

Sementara itu, proses pembagian token bebas tagihan dan diskon tarif listrik akan dilakukan secara bertahap mulai tanggal 1 April hingga selambat-lambatnya 11 April kepada seluruh pelanggan yang berhak.

Baca Juga: Pembebasan Tagihan dan Diskon Listrik Mulai Disosialisasikan 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya