TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PPDB 2020 di Semarang Serba Online, Tak Layani Pendaftaran di Sekolah

Tidak ada verifikasi berkas dan cabut berkas pendaftar

Suasana PPDB 2020 di Lebak di tengah pandemik COVID-19. Dok. ANTARA News

Semarang, IDN Times - Sekolah di Kota Semarang, Jawa Tengah bersiap melaksanakan penerimaan peserta didik baru (PPDB). PPDB akan digelar ditengah pandemik virus corona (COVID-19) secara daring (online) pada 14-18 Juni 2020 untuk jenjang SD dan 21-25 Juni 2020 untuk jenjang SMP.

Baca Juga: PPDB Kota Semarang, Masuk SD dan SMP Bisa Pilih Lebih dari 2 Sekolah

1. Sekolah menyiapkan jaringan internet dan mendirikan posko aduan

Suasana PPDB 2020 di Lebak di tengah pandemik COVID-19. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Salah satu yang melakukan persiapan adalah SMP Negeri 21 Semarang. Sang kepala sekolah, Agung Nugroho menyatakan kesiapannya melaksanakan PPDB secara online.

‘’Kami Insyaallah sudah siap. Kemarin sudah bimbingan teknis, jaringan internet di sekolah juga sudah diperkuat, dan menerapkan prosedur pencegahan COVID-19 bagi petugas PPDB di sekolah,’’ ungkapnya saat dihubungi IDN Times, Jumat (12/6).

Dalam proses PPDB online nantinya tidak ada tahapan verifikasi berkas pendaftaran ke sekolah yang dipilih seperti tahun-tahun sebelumnya karena berlangsung dalam masa pandemik virus corona. Semua syarat dan ketentuan termasuk mekanisme pendaftaran dapat dilihat di situs PPDB Kota Semarang, pada laman ppd.semarangkota.go.id dan website SMPN 21 Semarang

2. Kesulitan pendaftaran dibantu oleh sekolah asal

IDN Times/Bagus F

Agung menjelaskan, pihaknya juga menyediakan layanan WhatsApp quick respons bila kirim pesan ke nomor HP sekolah bisa langsung terjawab.

"Kami pasang pengumuman PPDB dan berdoa semoga lancar saat proses berlangsung tanggal 21-25 Juni 2020," tuturnya.

Adapun, bagi pendaftar yang kesulitan melakukan proses pendaftaran akan dibantu dari SD atau sekolah asal.

"Kendati demikian, SMP 21 akan mendirikan pos layanan aduan jika pendaftaran masih mengalami kendala, sebab daftar ulang pun nanti juga dilakukan secara online," imbuh Agung. 

Untuk diketahui, pada tahun ajaran 2020/2021 daya tampung SMPN 21 Semarang terdapat 288 kursi untuk 9 rombongan belajar sebagaimana setiap kelas terdapat 32 siswa. 

Baca Juga: Seleksi Online, Inilah Syarat Pendaftaran PPDB SMA/SMK di Jateng 

Berita Terkini Lainnya