TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Ganjar Pranowo, Gubernur Jateng  Diusung Jadi Capres Oleh PDIP

Pemimpin yang aktif menggunakan medsos untuk komunikasi

IDN Times/Margith Juita Damanik

Menjadi seorang Gubernur di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki penduduk lebih dari 34 juta jiwa merupakan sebuah tanggung jawab dan amanah besar.

Pemimpin di Jawa Tengah perlu memahami permasalahan apapun di daerahnya, memberi solusi, dan bertindak untuk menyelesaikan permasalahan apapun serta mengatur jalannya pemerintahan dengan baik.

Tanggung jawab tersebut tentu bukanlah sebuah hal mudah, namun tentu dapat dijalankan dengan Ganjar Pranowo, gubernur Jawa Tengah yang telah menempati posisi tersebut selama dua periode.

Ganjar Pranowo Jumat (21/4/2023) resmi diusung PDIP menjadi Calon Presiden RI di pemilu 2024 mendatang. Pengumuman disampaikan langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang didampingi Presiden Joko Widodo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Pramono Anung, Olly Dondokambey.

Baca Juga: Ganjar Perintahkan Surveilans Kasus COVID-19 Anak, Jangan Disembunyikan

1. Anak polisi yang menjabat sebagai Gubernur Jateng dan dicalonkan jadi Capres dari PDIP

IDN Times/Rudal Afgani

Ganjar Pranowo lahir pada 23 Oktober 1968 merupakan salah satu kader dari PDI – Perjuangan yang dipimpin oleh Megawati Soekarno Putri.

Pria kelahiran Gunung Lawu, Karang Anyar ini merupakan anak kelima dari enam bersaudara.

Ganjar merupakan seorang anak yang lahir di keluarga sederhana di sebuah desa. Ayahnya yang bernama S.

Pamudji merupakan salah seorang anggota kepolisian, Ganjar dilahirkan dari ibu yang bernama Sri Suparni.

2. Alumni Fakultas Hukum UGM dan sempat menjabat sebagai ketua umum KAGAMA

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Ganjar merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, Ia juga sempat menjabat sebagai ketua umum dari forum alumni yaitu KAGAMA (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) pada tahun 2014 hingga tahun 2019.

Ganjar Pranowo sendiri juga telah aktif mengikuti berbagai kegiatan dan berorganisasi sejak masih duduk di bangku kuliah dan menjadi mahasiswa.

Di kampus UGM, Ganjar pernah ikut dalam organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

3. Sebelum menjabat sebagai Gubernur Jateng, Ganjar merupakan anggota DPR RI

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ketika sedang gowes di JLNT Kasablanka, Jakarta Selatan (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sebelum ia mulai menjabat sebagai seorang gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merupakan seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari fraksi partai PDI Perjuangan selama dua periode. Yaitu pada periode 2004-2009, juga pada tahun 2009 hingga tahun 2013.

Pada tahun 2013 kemudian Ganjar mencalonkan diri maju menjadi calon gubernur Jawa Tengah. Ia maju ke kursi calon gubernur diusung oleh partai PDI – Perjuangan. Dan pada tahun itu pula ia berhasil memenangkan suara dan berhasil duduk di posisi Jateng 1.

Baca Juga: Dianggap Kebablasan Nyapres, Begini Respon Ganjar Pranowo

Berita Terkini Lainnya