TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dua Obat ini Berhasil Sembuhkan Pasien Virus Corona di RS Wongsonegoro

Empat pasien dinyatakan sudah sembuh

JANGAN DIPAKAI

Semarang, IDN Times - Pengelola RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang mengungkapkan terdapat sejumlah obat yang ampuh untuk menyembuhkan pasien virus Corona (Covid-19) yang selama ini dirawat di rumah sakitnya.

Baca Juga: Hebat! 4 Pasien Positif COVID-19 di RSUD Wongsonegoro Semarang Sembuh 

1. Obat oseltamivir dan chloroquin wajib diminum pasien Corona

IDN Times/Debbie Sutrisno

Direktur Utama RSUD Wongsonegoro, Susi Herawati mengungkapkan paling tidak terdapat dua jenis obat yang wajib diminum oleh pasien virus Corona. Yaitu oseltamivir antiviral dan chloroquin.

Susi menjelaskan obat oseltamivir diminum bagi pasien selama lima sampai 10 hari. Oseltamivir diminum dua kali.

"Oseltamivir harus diminum sampai 10 hari. Kemudian yang satu lagi chloroquin harus diminum khusus untuk pasien positif Corona. Untuk dosisnya tergantuk kondisi kesehatan si pasien," kata Susi kepada IDN Times, Jumat (3/4).

2. Pemakaian obat mengacu pada protokol RS Persahabatan

Unsplash

Lebih jauh, ia mengungkapkan resep obat untuk pasien Corona di rumah sakitnya merujuk dari aturan protokol kesehatan yang diterapkan di RS Persahabatan Jakarta yang juga saat ini masih merawat sejumlah pasien suspect virus Corona.

3. Pasien Corona juga diberi asupan vitamin C

Ilustrasi pasien corona (CNN indonesia news)

Pihaknya mengatakan masih ada berbagai terapi medis lainnya untuk mengobati pasien Corona. Menurutnya si pasien harus menggunakan injeksi infus levofloxacine, injeksi azitromisin, injeksi NAC dan injeksi vitamin C.

"Tentunya kadar dosisnya juga beda-beda. Yang paling penting kita semua berupaya memberikan layanan medis yang terbaik untuk mengobati pasien Covid-19," terangnya.

Baca Juga: Tenaga Medis di Semarang Keluhkan Ketidakjujuran Pasien Virus Corona

Berita Terkini Lainnya