TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Healthy City Summit Kelar, Wagub Jateng Beberkan Penularan TBC Masih Tinggi

Kepala daerah harus giat cegah kematian ibu dan anak

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat menghadiri acara penutupan Healthy City Summit di Kota Semarang. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Semarang, IDN Times - Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menyatakan, angka penularan penyakit tuberculosis (TBC) di wilayahnya selama ini masih tinggi. Menurutnya, tingkat kesadaran masyarakat Jateng untuk mendeteksi penyakit menular juga sangat rendah sehingga kini dibutuhkan upaya pencegahan yang lebih serius. 

"Apalagi TBC sampai saat ini penularannya masih sangat masif dan tingkat kematian cukup tinggi. Bahkan masyarakat juga belum peduli terhadap penyakit menular. Maka dengan adanya acara Summit Kota Sehat 2022 dengan tema Healthy Cities for All, setidaknya bisa dilakukan tindakan untuk mencegah penyakit-penyakit menular, termasuk COVID-9 dan TBC," ungkapnya dalam keterangan yang diterima IDN Times, Kamis (31/3/2022). 

Baca Juga: Menag Atur Pengeras Suara Masjid, Wagub Jateng: Warga Harus Berembug

1. Tiap daerah diminta aktif cegah kematian ibu dan anak

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Ia pun menekankan supaya semua kepala daerah di Jateng turut terlibat aktif meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai penyakit.

Terutama giat menjaga kebersihan lingkungan dan menggencarkan program-program pencegahan kematian ibu dan anak.

2. Gus Yasin pamerkan program Jateng Nginceng Wong Meteng

wikipedia

Tindakan pencegahan kematian bayi dan ibu melahirkan juga bisa didorong melalui program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng Melalui program tersebut, perkembangan kesehatan ibu dan janin terus dipantau.

Selain penanganan penyakit, tidak kalah penting yakni menjaga kebersihan lingkungan. Ia turut memuji langkah Pemkot Semarang yang mampu menyulap kawasan Kota Lama yang sebelumnya langganan banjir dan kumuh, saat ini menjadi salah satu tempat wisata unggulan Jawa Tengah.

Baca Juga: Gondol 3 Lensa dan Drone, Pembunuh Satpam Toko Kamera di Semarang Dibekuk

Berita Terkini Lainnya