TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KH Maimoen Zubair Diusulkan Dapat Gelar Pahlawan, Ini Jasanya Buat NU

Taj Yasin masih rembugan sama keluarga

ANTARA FOTO/Deni Santosa

Temanggung, IDN Times - Institut Islam Nahdalatul Ulama (INISNU) Temaggung mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk menetapkan mendiang ulama kharismatik asal Rembang, KH Maimoen Zubair sebagai pahlawan nasional. 

Usulan itu saat ini tengah dibahas dengan melakukan berbagai kajian teknis dan akademis. Bahkan, pengurus yayasan BPP INISNU Temanggung langsung menemui salah satu putra KH Maimoen Zubair yang saat ini menjabat sebagai Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen. 

"Untuk merealisasikan usulan tersebut kami siap melakukan kajian dan diskusi akademik terkait prasyarat pemberian gelar pahlawan nasional," kata Ketua BPP INISNU Kabupaten Temanggung, Nur Makhsun dalam keterangan yang didapat IDN Times, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga: Warga NU Semarang Lakukan Salat Gaib untuk KH Maimoen Zubair

1. Mbah Moen dianggap punya peran penting di dunia dakwah

ANTARA FOTO/Jafkhairi

Ia menyebut figur mendiang Mbah Moen, panggilan karib Maimoen sudah sepantasnya diberi gelar pahlawan mengingat kontribusinya selama ini cukup besar bagi pendidikan dakwah Islam.

"Selain itu kami juga akan memberi nama gedung pusat kajian aswaja dengan nama KH Maimoen Zubair," urainya.

2. Wagub Jateng rembugan dulu dengan keluarga besar Mbah Moen

Wagub Jateng Taj Yasin menyambut kedatangan pengurus INISNU Temanggung. (Dok Humas Wagub Jateng)

Sedangkan, Wagub Jateng, Taj Yasin merespon positif usulan gelar pahlawan bagi ayahandanya. Gus Yasin mengaku akan melakukan musyawarah dengan keluarga dan pihak lain terkait usulan tersebut.

“Kami mengapresiasi hal ini, namun nanti akan kami musyawarah dengan pihak keluarga dan pihak lain sebelum menerima tawaran dari INISNU Temanggung,” katanya sembari menerima sebuah lukisan bergambar sosok ayahandanya hasil karya dari Dosen INISNUTemanggung Dr. Rahmat Rizal.

Menurut Dr Rahmat, lukisannya tentang KH Maimoen Zubair memiliki makna setiap titiknya mewakili kalimat dzikir dan mengganti fungsi tasbih," ujarnya.

Baca Juga: Dibujuk Para Kiai, Putra Mbah Moen Taj Yasin Maju Jadi Calon Ketum PPP

Berita Terkini Lainnya