TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KPU Jateng Perkirakan Biaya Kampanye Cagub Membengkak, Ini Pemicunya

Saat ini masih sosialisasi dana kampanye

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, KPU Jateng, Muhamad Machruz saat diwawancara awak media di Hotel Arrus Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Semarang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah memprediksi jumlah dana kampanye yang ditanggung masing-masing paslon gubernur dan wakil gubernur pada Pilgub 2024 bakal bertambah banyak. Pasalnya, naiknya dana kampanye juga dipengaruhi dari nilai standar biaya masukan (SBM) yang mengalami peningkatan. 

"Jumlah dana kampanye pasti akan naik karena jumlah pemilihnya juga naik dan SBM-nya juga naik," kata Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, KPU Jateng, Muhamad Machruz saat menyosialisasikan penggunaan dana kampanye di Hotel Arrus Jalan Dr Wahidin, Kecamatan Candisari, Semarang, Rabu (18/9/2024). 

Namun demikian pihaknya sampai sekarang masih menunggu petunjuk teknis (juknis) untuk menetapkan besaran minimal penggunaan dana kampanye bagi paslon cagub Jateng. 

Bila merujuk pada pelaksanaan Pilgub Jateng empat tahun lalu dana kampanye yang ditetapkan Rp70 miliar, maka tahun ini jumlahnya bakal meningkat. 

"Nominalnya berapa akan ditunggu juknisnya. Kalau Pilgub kemarin minimal Rp70 miliar. Yang dilihat dari SBM tiap provinsi kabupaten kota dan jumlah pemilih tiap wilayah," tuturnya. 

Dalam sosialisasi penggunaan dana kakampanye pihaknya juga melibatkan semua pimpinan wilayah partai politik, perwakilan tim pemenangan paslon gubernur serta seluruh rekan media mitra KPU Jateng. 

Terkait tahapan Pilkada serentak dan Pilgub Jateng, katanya kini sudah dilakukan perbaikan berkas pendaftaran milik bacagub KIM Plus Ahmad Luthfi-Gus Yasin dan bacagub PDIP Andika Perkasa-Hendrar Prihadi.

"Kita masih menerima masukan dan saran dari masyarakat," tambahnya.

Untuk penetapan paslon cagub Jateng dijadwalkan 22 September 2024. Sedangkan jadwal penentuan nomor urut paslon cagub diadakan 23 September.

"Sebentar lagi akan ada rapat pleno penetapan paslon. Setelah tanggal 22 ditetapkan, lalu pada 23 September ada rapat pleno terbuka untuk menentukan nomor urut paslon," tuturnya. 

Baca Juga: Relawan Anies dan Prabowo-Gibran Diklaim Siap Menangkan Luthfi-Yasin

Berita Terkini Lainnya