TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

25 Mahasiswa PPDS UNS Positif COVID-19, Kasus di Solo Makin Melesat

Jumlah total pasien COVID-19 jadi 63 orang

Pexels/Edward Jenner

Solo, IDN Times - Pasca adanya 25 mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Sebelas Maret (UNS) di RSUD Dr Moewardi positif COVID-19, jumlah pasien COVID-19 di Kota Solo melonjak tajam. Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo menunjukkan, jumlah pasien positif COVID-19 pada Minggu (12/7/2020) bertambah 18 orang.

Baca Juga: Ini Penyebab 25 Mahasiswa Kedokteran UNS Terpapar COVID-19

1. Sebanyak 15 pasien berasal dari mahasiswa PPDS UNS

uns.ac.id

Ketua pelaksana gugus tugas, Ahyani mengatakan dari jumlah pasien positif COVID-19 di Kota Solo saat ini, Minggu (12/7/2020) menjadi 63 orang. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dari hari sebelumnya Sabtu (11/7/2020) sebanyak 45 orang.

Tambahan 15 pasien diantaranya merupakan dokter yang sedang menjalani pendidikan di RSUD Dr Moewardi. Sedangkan tiga pasien lainnya merupakan warga yang berasal dari Kelurahan Mojosongo, Banyuanyar, dan Jebres.

"Dari RSUD Dr Moewardi sebenarnya ada 25 tenaga kesehatan (nakes). Tapi yang 10 nakes adalah warga luar kota," jelasnya.

Dari 63 pasien positif tersebut, 37 pasien dinyatakan sembuh, 22 pasien menjalani rawat inap, sementara empat pasien meninggal dunia.

2. Lakukan tracing masif

IDN Times/Larasati Rey

Lebih lanjut, Ahyani mengatakan tim gugus tugas akan melakukan penulusuran atau tracing secara masif terhadap pasien dari mahasiswa PPDS UNS. Tracing dilakukan terhadap orang yang telah melakukan kontak erat dan kontak dekat dengan pasien-pasien COVID-19.

Ahyani menyebutkan, terdapat beberapa mahasiswa PPDS yang membuka praktek di fasilitas kesehatan.

"Tracing-nya harus masif karena ada beberapa dokter juga yang praktik di fasilitas kesehatan lain," jelasnya.

Baca Juga: Potensi Virus Tak Terkendali, Kota Solo Termasuk Zona Oranye COVID-19

Berita Terkini Lainnya