TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BI Solo Ganti Uang Rusak Korban Kebakaran Gudang Rosok Rp9 Juta

Sebanyak Rp2 jutaan ludes dilalap si jago merah

Pengantian uang terbakar di Bank Indonesia. (Dok/BI Solo)

Surakarta, IDN Times - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo mengganti uang yang rusak terbakar milik salah satu korban kebakaran gudang rosok. Uang tersebut milik Ibu Soud yang tinggal di Kampung Joyosudiran, Pasar Kliwon, Solo, pada Rabu (4/10/2023).

Penggantian tersebut dilakukan lantaran korban masih memiliki bukti sisa uang yang terbakar.

Sebelumnya video viral beredar di media sosial, seorang Lansia menjadi korban kebakaran gudang rosok di Pasar Kliwon. Ia merupakan warga yang rumahnya berdekatan dengan gudang rosok tersebut. Dalam video, lansia tersebut menangisi uang hasil arisannya terbakar sebanyak Rp11 juta rupiah.

Baca Juga: Pj Gubernur Jateng Janji Bangun Rumah Korban Kebakaran Gudang Rosok

1. BI Solo jemput bola ke rumah korban

Bank Indonesia Solo menunjukkan uang terbakar milik korban kebakaran Pasar Kliwon. (IDN Times/Larasati Rey)

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kota Solo, Bimala mengatakan, pihaknya langsung mendatangi korban tersebut di rumahnya usai mendengar adanya berita uang terbakar.

"Kami mendapatkan informasi juga dari temen di BI kebrtulan beliaunya kenal, kami kemudian mencari kontaknya ibunya, setelah mencari lama kami coba cari ke a, b, dan seterusnya dan ketemulah kontak cucunya, itu di siang hari," katanya saat ditemui IDN Times di kantor Bank Indonesia Solo, Kamis (5/10/2023).

"Kemudian kami minta share location dan kami jemput Bu Soud ke BI supaya kami juga disini enak untuk melakukan identifikasi karena peralatan penunjangnya ada di kantor BI Solo," imbuhnya.

2. Proses identifikasi dilakukan selama 1 jam

Bank Indonesia Solo menunjukkan uang terbakar milik korban kebakaran Pasar Kliwon. (IDN Times/Larasati Rey)

Bimala menambahkan, jika proses identifikasi uang terbakar tersebut dilakukan kurang lebih dalam waktu 1 jam. Dari hasil identifikasi diketahui uang yang selamat mencapai Rp9.150.00. Jumlah tersebut terdiri dari pecahan 100 ribuan sebesar Rp 9 juta, dan pecahan 50 ribuan sebesar Rp150 ribu.

"Kami berhasil mengidentifikasi itu dia memenuhi persyaratan penukaran ada 2/3 dari fisiknya masih terlihat dan ciri-ciri keaslian uang rupiahnya itu bisa diidentifikasi oleh teman-teman, sehingga kami tukar," kata Bimala.

"Alhamdulillah karena Beliau itu rapi dalam menyimpan uangnya maka proses identifikasi uangnya dilakukan dalam waktu sekitar 1 jam. Dan ketemulah tadi Rp9.150.000," ungkapnya.

Baca Juga: Kebakaran Gudang Rosok di Solo, 10 Bangunan Ludes!

Berita Terkini Lainnya