788 SPBU dan 502 Agen LPG di Jateng Siaga Saat Cuti Bersama 

Stok BBM didukung oleh 6 terminal di Jawa Tengah

Semarang, IDN Times - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV wilayah Jawa Bagian Tengah mengantisipasi kebutuhan BBM dan LPG saat cuti bersama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada 28 Oktober-1 November 2020. Pada momen libur panjang akhir pekan itu sebanyak 788 SPBU dan 502 agen LPG siaga di wilayah Jawa Tengah. 

1. Stok BBM dan LPG di Jateng dalam kondisi aman

788 SPBU dan 502 Agen LPG di Jateng Siaga Saat Cuti Bersama IDN Times/ Muchammad

Pjs Unit Manager Communication Relations and CSR Pertamina MOR IV, Kevin Kurnia Gumilang, mengatakan saat ini kondisi stok di seluruh terminal BBM dalam keadaan aman.  

‘’Saat ini penyaluran harian BBM di Jawa Tengah untuk Gasoline yaitu 10.119 kiloliter (KL) dan Gasoil 5.462 KL. Sedangkan, penyaluran harian LPG di Jawa Tengah berada di angka 3.756 metric ton (MT) per harinya," ungkapnya saat ditemui, Senin (26/10/2020).

Baca Juga: Konsumsi Avtur Pertamina di Jateng Belum Bisa Tinggi saat Pandemik

2. Sebanyak 6 terminal BBM dan LPG siap memasok energi di SPBU dan SPPBE

788 SPBU dan 502 Agen LPG di Jateng Siaga Saat Cuti Bersama Aktivitas di Terminal BBM Pertamina Dok. Serikat Pekerja Pertamina Persada IV

Sebanyak 6 terminal BBM dan LPG di Jawa Tengah di wilayah Semarang, Cilacap, Boyolali, Maos, Tegal dan Lomanis mendukung pasokan ke SPBU dan SPPBE. Adapun, penyaluran BBM akan dilakukan ke 788 SPBU Reguler. Sedangkan, penyaluran LPG melalui 502 Agen, 42.584 pangkalan LPG PSO dan 7.342 outlet LPG non PSO yang tersebar di seluruh Jawa Tengah

''Khusus untuk LPG, Pertamina akan terus memantau kebutuhan masyarakat mengingat selama cuti bersama diperkirakan aktivitas konsumen atau masyarakat akan meningkat. Apabila ada kenaikan permintaan LPG maka kami akan menyiapkan penambahan pasokan,’’ kata Kevin.


Untuk diketahui, stok LPG di SPPBE dan Depot LPG saat ini juga dalam kondisi aman. Sehingga, apabila di beberapa hari ke depan dibutuhkan penambahan secara fakultatif akan segera dipenuhi. 

3. Pertamina imbau konsumen yang mampu ekonomi gunakan LPG non subsidi

788 SPBU dan 502 Agen LPG di Jateng Siaga Saat Cuti Bersama Dok. Pertamina

‘’Namun, kami mengimbau bagi masyarakat yang berkemampuan ekonomi kategori mampu tetap menggunakan LPG non subsidi yaitu varian Bright Gas. LPG 3 kg bersubsidi hanya bagi kalangan miskin atau tidak mampu," imbuhnya.

Sementara itu, selain menyiagakan stok BBM dan LPG, Pertamina juga terus mengimbau kepada konsumen untuk tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran COVID-19 di SPBU dan SPPBE. ‘’Upaya ini untuk mencegah penularan virus corona di fasilitas milik Pertamina,’’ tandasnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pertamina Pastikan Stok LPG di Tegal Raya Aman

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya