Comscore Tracker

Bawa 2 Lansia Dapat Vaksin COVID-19 Gratis di Semarang, Ini Caranya

Vaksinasi 3 in 1 dipusatkan di 37 puskesmas di Semarang

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19, khususnya untuk kalangan lansia. Mulai Senin (17/5/2021), Dinas Kesehatan Kota Semarang membuka layanan vaksinasi 3 in 1 bagi masyarakat di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah itu.   

1. Satu warga ber-KTP Semarang bisa bawa 2 lansia untuk vaksinasi COVID-19

Bawa 2 Lansia Dapat Vaksin COVID-19 Gratis di Semarang, Ini CaranyaVaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. (dok. Istimewa)

Warga Kota Semarang nonlansia dengan usia 18--59 tahun dapat membawa dua lansia untuk mendapatkan suntikan vaksinasi. Layanan vaksinasi itu dilakukan di seluruh Puskesmas Kota Semarang. 

Layanan vaksinasi tersebut dibuka mulai pukul 08.00-11.00 WIB dari Senin hingga Sabtu. Adapun, jadwal vaksinasi dapat dipantau melalui https://smg.city/statusvaksinasi.

Baca Juga: Lansia di Semarang, Gagal Disuntik hingga Nyasar ke Lokasi Vaksinasi

2. Pendaftaran vaksinasi 3 in 1 melalui laman victori.semarangkota.go.id

Adapun, alur pendaftaran pendaftaran vaksinasi 3 in 1 di puskemas sebagai berikut.

Pertama, calon penerima vaksin nonlansia mendaftar melalui victori.semarangkota.go.id. Pastikan juga lansia yang akan didampingi vaksinasi juga telah terdaftar. Apabila belum melakukan pendaftaran, sekalian bisa didaftarkan pada laman tersebut. 

Kedua, setelah membuka laman victori.semarangkota.go.id, kemudian pilih ‘pendaftaran’ lalu isikan NIK dan nomor Kartu Keluarga, data diri dengan lengkap dan benar, simpan.

Ketiga, jika tahap tersebut sudah berhasil, calon penerima vaksin dapat masuk ke halaman identitas anda, klik ’Pendaftaran Vaksin 3 in 1’, pilih ‘Lansia yang akan didampingi’, pilih ‘lokasi vaksinasi’, pilih ‘tanggal dan jam vaksinasi yang tersedia’, kemudian simpan.

3. Vaksinasi lansia baru capai 65 persen di Semarang

Bawa 2 Lansia Dapat Vaksin COVID-19 Gratis di Semarang, Ini CaranyaIlustrasi vaksinasi COVID-19 bagi lansia. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan, layanan vaksinasi 3in1 ini melibatkan 37 puskesmas di Kota Semarang. Bagi warga ber-KTP Semarang bisa mendampingi dua lansia baik orang tua, kerabat, maupun tetangganya untuk melakukan vaksinasi di puskesmas wilayah tempat tinggalnya.

‘’Kami menyelenggarakan vaksinasi 3 in 1 ini untuk mempercepat jumlah cakupan vaksinasi terutama untuk kalangan lansia. Sebelumnya, kami sudah melakukan uji coba hanya di Puskesmas Pandanaran, kemudian diperpanjang di halaman Balaikota Semarang, dan sekarang diterapkan ke seluruh Puskesmas,’’ katanya saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (18/5/2021).

Dinas Kesehatan Kota Semarang menargetkan sasaran vaksinasi lansia bisa mencapai 137.340 orang. Dari jumlah itu, baru 65 persen lansia yang tervaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi 3 in 1 akan dilakukan tanpa batas waktu. Dinas Kesehatan akan terus mengevaluasi proses pelaksanaan dan perkembangannya ke depan. Sedangkan, saat ini proses vaksinasi di Kota Semarang sudah mencapai 71,27 persen untuk pemberian dosis pertama dan 41,63 persen untuk pemberian dosis kedua dari target 303.582 sasaran.

Baca Juga: Pede Kebal Usai Vaksinasi, 487 Orang di Semarang Terinfeksi COVID-19

https://www.youtube.com/embed/hKXVnRmkmiE

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya