Comscore Tracker

Cara Ibu-Ibu Cegah Gagal Ginjal Akut pada Anak, Langsung Pindah ke Obat Tradisional

Lebih baik cegah anak sakit daripada harus minum obat

Semarang, IDN Times - Kemunculan kasus acute kidney injury (AKI) atau gangguan ginjal akut pada anak-anak membuat orangtua khususnya para ibu khawatir. Mereka bereaksi terhadap maraknya kasus tersebut salah satunya dengan beralih atau menerapkan pengobatan tradisional saat sang buah hati sakit.

1. Perlu waspada dalam merawat anak

Cara Ibu-Ibu Cegah Gagal Ginjal Akut pada Anak, Langsung Pindah ke Obat Tradisionalilustrasi merawat anak (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Seperti Sutini, salah satu orangtua di Semarang, Jawa Tengah. Adanya kasus gangguan ginjal akut yang menewaskan ratusan anak-anak di Indonesia membuatnya cemas. Meski demikian, ia berusaha tenang karena selama ini jarang memberikan obat sirop yang ditengarai sebagai penyebabnya penyakit tersebut.

‘’Iya, memang mengerikan penyakit zaman sekarang, apalagi yang diserang anak-anak. Tentu ini membuat saya semakin waspada dalam merawat anak. Namun, selama ini saat anak sakit saya termasuk jarang memberikan obat-obatan umumnya,’’ ungkapnya pada IDN Times, Jumat (21/10/2022).

Baca Juga: Nol Kasus Gagal Ginjal Akut di Semarang, Ini Imbauan untuk Ortu Anak

2. Sembuhkan dengan pengobatan tradisional

Cara Ibu-Ibu Cegah Gagal Ginjal Akut pada Anak, Langsung Pindah ke Obat TradisionalIlustrasi wedang jahe (IDN Times/Umi Kalsum)

Perempuan yang akrab disapa Tini itu selalu memberikan pertolongan pertama dengan pengobatan secara tradisional. Selain itu, juga menerapkan gaya hidup sehat kepada sang buah hati.

‘’Jadi, kalau anak saya sakit batuk ya langsung saya kasih air kencur atau jahe. Lalu, kalau demam ya banyakin minum air putih. Sehingga, jarang banget bahkan hampir tidak pernah saya kasih obat,’’ tuturnya.

Selain itu, anak lelaki Tini yang berusia 2,5 tahun itu senang sekali mengonsumsi buah dibandingkan jajan penganan instan.

‘’Saya juga jarang memberi makan anak saya dengan yang aneh-aneh. Dia paling suka ngemil buah daripada makanan ringan kemasan,’’ katanya.

3. Terapkan pola makan sehat

Cara Ibu-Ibu Cegah Gagal Ginjal Akut pada Anak, Langsung Pindah ke Obat Tradisionalwww.halodoc.com

Seperti Tini, Fani Ayudea juga melakukan hal sama kepada anak-anaknya. Ibu tiga anak itu mengaku khawatir dengan kasus gagal ginjal akut yang jumlahnya terus bertambah.

‘’Yang namanya orangtua punya anak kecil pasti khawatir. Jumlah kasusnya bertambah dan sampai sekarang belum diketahui penyebab pastinya. Namun, selama menerapkan pola makan dan hidup sehat saya agak tenang, sebab gagal ginjal ini salah satu pemicunya juga dari pola makan tidak sehat, di luar kasus kalau memang benar disebabkan karena obat sirop demam,’’ katanya saat dihubungi, Jumat (21/10/2022).

Fani termasuk orangtua yang jarang memberikan obat kepada ketiga anaknya. Apalagi obat sirop demam. Jika terpaksa harus minum obat, ia akan meminta resep dokter.

‘’Selama demam masih wajar. Misal, baru demam 1–2 hari, lalu masih di bawah 40 derajat Celcius dan anak tidak punya riwayat kejang saat panas, lebih baik saya obati secara alami. Yakni, dengan dikompres air hangat, minum jahe hangat, jus sayur, dan buah,’’ tuturnya.

4. Konsultasi ke dokter jika memang belum sembuh

Cara Ibu-Ibu Cegah Gagal Ginjal Akut pada Anak, Langsung Pindah ke Obat Tradisionalnorthshore.org

Menurut Fani, demam, batuk, dan pilek merupakan penyakit yang wajar. Apalagi jika sedang musim hujan atau anak kelelahan sehingga daya tahan tubuh turun pasti akan mudah tertular penyakit. Namun, permasalahannya adalah banyak orangtua yang menggunakan obat tidak dengan rasional.

‘’Panas sedikit kasih obat. Boleh diberi obat apabila lebih dari dua hari demamnya belum turun atau sampai 40 derajat Celcius dan punya riwayat kejang atau penyakit berat lainnya. Kalau sudah kondisi seperti itu, harus konsultasi ke dokter dan minta resep obat. Toh, tidak semua obat dilarang kan,’’ ujarnya.

Untuk menjaga buah hatinya, Fani memilih untuk memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur, istirahat cukup, juga minum air putih yang agak banyak.

Baca Juga: Waspada Kasus Gagal Ginjal, Polisi Sidak Obat Sirop di Apotek Klaten

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya