Comscore Tracker

Di TPS Petahana Wali Kota Semarang, Ada 15 Pemilih Kotak Kosong 

Hendi-Ita menang telak 95 persen di TPS 009 Lempongsari

Semarang, IDN Times - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dan Hevearita G Rahayu meraih kemenangan 95 persen di TPS 009 Lempongsari Gajahmungkur Semarang. Kendati demikian, pada TPS tempat calon wali kota petahana menyalurkan hak suara itu tercatat ada 59 pemilih tidak hadir dan 15 kotak kosong.

1. Sebanyak 329 warga menggunakan hak suara di TPS Hendi

Di TPS Petahana Wali Kota Semarang, Ada 15 Pemilih Kotak Kosong Suasana penghitungan suara di TPS 009 Lempongsari Gajahmungkur Semarang. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara di TPS 009, dari 388 daftar pemilih tetap (DPT), sebanyak 329 orang menggunakan hak suara. Sedangkan, 59 orang memilih tidak hadir ke TPS.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (KPPS) 009, Bambang Sarjito mengatakan, dari 329 orang yang menggunakan hak suara itu sebanyak 310 orang memilih Hendi-Ita (panggilan akrab paslon). Sementara, 15 orang memilih kotak kosong.

Baca Juga: Millennial Memilih, Ini Komentar Anak Cawalkot Semarang Soal Pilkada 

2. Ditemukan 4 kertas suara tidak sah

Di TPS Petahana Wali Kota Semarang, Ada 15 Pemilih Kotak Kosong Penghitungan suara di TPS 009 Lempongsari Gajahmungkur Semarang. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

‘’Saat penghitungan suara kami juga mendapatkan 4 kertas suara tidak sah. Adapun, dinyatakan tidak sah karena pemilih mencoblos di dua kolom, yakni di kolom bergambar Hendi-Ita dan kolom kotak kosong,’’ ungkapnya saat ditemui seusai penghitungan suara, Rabu (9/12/2020).

Untuk diketahui, pasangan Hendi-Ita diusung oleh sembilan partai politik penghuni DPRD Kota Semarang serta lima partai politik nonparlemen. Sembilan partai politik penghuni DPRD Kota Semarang tersebut, yakni PDIP, Partai Golkar, PKB, Partai Demokrat, PKS, Partai Gerindra, PAN, Partai NasDem, dan PSI.

3. Hendi memonitor rekapitulasi suara melalui proses hitung cepat

Di TPS Petahana Wali Kota Semarang, Ada 15 Pemilih Kotak Kosong Calon Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menggunakan hak suara di TPS 009 Lempongsari pada Pilwalkot Semarang. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

Sedangkan, lima partai pendukung pasangan ini, yakni PKPI, Partai Hanura, Partai Berkarya, PBB, Partai Gelora, dan PPP.

Sementara, saat ditemui ketika datang ke TPS untuk menggunakan hak suara, Hendi menyampaikan, terkait proses perhitungan suara pihaknya menyerahkan hasilnya kepada KPU Kota Semarang. Namun, tim pemenangan dan partai politik juga melakukan proses hitung cepat. 

‘’Proses selanjutnya kami serahkan KPU untuk menghitung hasilnya. Namun, kami juga melakukan proses hitung cepat dari tim pemenangan dan partai yang akan kami monitor, tapi keputusan akhir kami percaya pada KPU,’’ tandasnya.

Baca Juga: Cawalkot Semarang Hendrar Prihadi Boncengan Dengan Istri ke TPS

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya