Diubah! Rute BRT Trans Semarang yang Baru Setelah Penutupan Jalan

Berlaku selama sepekan

Semarang, IDN Times - Badan Layanan Umum (BLU) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Trans Semarang mengubah rute perjalanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang mulai Sabtu (19/6/2021) hingga Jumat (2/7/2021). Hal itu dilakukan karena ada kebijakan penutupan delapan ruas jalan yang diberlakukan oleh Pemkot Semarang.

1. Pengalihan rute Trans Semarang mulai Sabtu (19/6/2021)

Diubah! Rute BRT Trans Semarang yang Baru Setelah Penutupan JalanIDN Times/Dhana Kencana

Plt Kepala BLU UPTD Trans Semarang, Hendrix Setiawan mengatakan, pengalihan ini merupakan dampak dari penutupan delapan ruas jalan di Kota Semarang sebagai upaya menekan lonjakan angka kasus COVID-19, akhir-akhir ini.

"Maka mulai Sabtu (19/6/2021) ini sejumlah rute armada kami alihkan perjalanannya. Yakni, Koridor III B, Koridor VI arah UNDIP, Feeder I B, dan Feeder II," ungkapnya dikonfirmasi, Sabtu (19/6/2021).

Untuk Koridor III B, yang semula rutenya melewati Jalan Imam Barjo, kini tidak akan melalui jalan tersebut dan langsung menuju arah Elisabeth. Sementara Koridor VI, yang tadinya masuk melalui Patung Diponegoro Ngesrep, akan melintasi Jalan Durian - Taman Tirto Agung - Undip.

Baca Juga: 24 Jam, 137 Permintaan Plasma Konvalesen di Semarang Tidak Terlayani

2. Perubahan rute disebarluaskan melalui media sosial

Kemudian untuk Feeder I B, semula melintasi wilayah Klampisan, akan berubah jalur lewat Jalan Panembahan Senopati langsung menuju Jrakah. Selanjutnya untuk Feeder II A ada pengalihan, untuk menuju Jalan Majapahit putar balik sebelum TL Kelinci lurus Gayamsari- ADA Majapahit. Lalu, karena penutupan di Gemah Raya, armada dialihkan dengan rute Pedurungan - Fatmawati - Kedungmundu - Putar Balik SMP 29 - Fatmawati.

Sementara untuk Feeder II B, kalau semula melewati Jalan Lamper Tengah, karena akses masuk ditutup maka dialihkan melalui Jalan Brigjen Sudiarto - Kompol Maksum - TL Sompok - Rute.

Perubahan rute perjalanan terbaru armada Trans Semarang ini juga disebarluaskan melalui akun media sosial resmi @transsemarang. ‘’Semoga informasi ini segera diketahui oleh pengguna jasa Trans Semarang yang terdampak penutupan,’’ imbuhnya.

3. Pengguna layanan Trans Semarang yang butuh bantuan bisa hubungi Call Center di 1500094

Diubah! Rute BRT Trans Semarang yang Baru Setelah Penutupan JalanBRT Trans Semarang berlakukan physical distancing. Dok. Dinas Perhubungan Kota Semarang

Sementara, sebelumnya Dinas Perhubungan Kota Semarang mengumumkan delapan ruas jalan yang ditutup selama 24 jam mulai Jumat (18/6/2021) hingga Sabtu (2/7/2021).

Ruas jalan yang ditutup tersebut, yaitu:
1. Jalan Gemah Raya - dari Simpang Brigjend Sudiarto (Jalan Majapahit) s/d Kedungmundu Raya.
2. Jalan Letjen Suprapto Kota Lama - dari Simpang Cendrawasih s/d Mpu Tantular
3. Jalan Ngesrep Timur V (Prof Sudarto) - dari Simpang Jalan Setiabudi, Patung Pangeran Diponegoro
4. Jalan Imam Barjo - dari Simpang Jalan Pahlawan s/d Simpang Jalan Singosari Raya
5. Jalan Klampisan Raya (Jalan Honggowongso) - dari Simpang Jalan Prof Hamka, s/d Simpang Jalan Srikaton Tengah, Jalan Gatot Subroto
6. Jalan Supriyadi - dari Simpang Jalan Soekarno Hatta, s/d Jalan Brigjend Sudiarto (Jalan Majapahit)
7. Jalan Lamper Tengah Raya - dari Simpang Brigjend Sudiarto (Jalan Majapahit) s/d Jalan Tentara Pelajar
8. Jalan Suratmo Raya - dari Simpang Abdurahman Saleh s/d Jalan Simongan

"Apabila ada pengguna jasa yang membutuhkan bantuan seputar rute layanan Trans Semarng pada saat pengalihan, kami membuka layanan call center di 1500094, sosial media seperti Instagram, Twitter dan Facebook @transsemarang maupun Whatsapp 08112884447 mulai pukul 05.30 - 18.00 WIB," tandas Hendrix.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya