GrabExpress Permudah Pengantaran Produk UMKM Semarang  

Ada promo Harbolnas ongkir Rp1

Semarang, IDN Times - Layanan GrabExpress mendorong visibilitas dan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Salah satunya dengan menghadirkan #ExpressBisa di 7 kota besar termasuk Semarang. 

1. Grab hadirkan #ExpressBisa di 7 kota besar

GrabExpress Permudah Pengantaran Produk UMKM Semarang  Perempuan yang bekerja sebagai mitra grab (IDN Times/Public Relations Grab)

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengungkapkan, melalui #ExpressBisa pihaknya merambah 7 kota besar di antaranya, Jakarta, Bali, Makassar, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. 

“UMKM merupakan tulang punggung bagi perekonomian, tetapi jangan lupakan juga para pelaku usaha lain yang saat ini mereka masih banyak menemui tantangan terutama di masa pandemik. Maka, Grab selalu berinovasi demi menyediakan platform dan teknologi terbaik bagi bisnis kecil, UMKM, dan sampai dengan pasar modern agar mereka dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan menumbuhkan bisnisnya. Kami percaya, dengan  mendukung mereka semua, dapat kembali membuat perputaran ekonomi lokal menjadi semakin cepat sehingga mampu bangkit di era tatanan baru ini," ungkapnya dalam keterangan resmi, Sabtu (12/12/2020). 

Selama bulan Desember 2020, layanan GrabExpress melalui #ExpressBisa mendukung sejumlah UMKM lokal dengan memberikan media promosi unik billboard di lokasi strategis pada setiap daerah. Para pelaku usaha pun bisa memanfaatkan layanan ini untuk mengantarkan produk dalam bentuk apa pun, mulai dari kuliner sampai produk kerajinan. 

Baca Juga: Drivernya Jadi Korban Pembunuhan di Jepara, Grab dan Polisi Kerjasama

2. Pengiriman Lunpia Semarang saat Harbolnas cukup bayar ongkir Rp 1

GrabExpress Permudah Pengantaran Produk UMKM Semarang  Grab Lawan Corona (Dok. IDN Times)

"Untuk UMKM lokal di Semarang kami menggelar kampanye #ExpressBisa melalui Lunpia Mas Ton. Salah satu makanan oleh-oleh khas Semarang ini sekarang bisa dipesan dengan lebih mudah menggunakan layanan pengantaran GrabExpress. Melalui promo tersebut nantinya Lunpia akan dibungkus dengan tampilan kardus paket unik untuk menambah daya tarik buat orang yang melihatnya," tuturnya. 

Adapun, secara umum keuntungan #ExpressBisa bagi UMKM dan masyarakat antara lain, pengantaran dengan harga yang terjangkau seperti pada perayaan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), GrabExpress memberikan spesial ongkos kirim Rp1 bagi pengguna baru dan yang sudah lama tidak menggunakan layanan tersebut. Promo ini bisa digunakan oleh para pelaku UMKM untuk meningkatkan nilai tambah kepada produk mereka yang bisa dikirim dengan cepat tanpa perlu membayar dengan harga yang tinggi.

Neneng menjelaskan, keuntungan lain yaitu memberikan berbagai macam pilihan pengantaran, mulai dari Instant dan SameDay yang bisa dipesan ke beberapa titik pengantaran sekaligus dalam satu kali pemesanan, hingga pilihan antarkota. Dalam hal pengantaran barang, GrabExpress juga memberikan pilihan armada melalui motor atau mobil untuk barang berukuran besar hingga 150 kilogram dalam sekali pesanan.

3. Kemudahan dari GrabExpress dapat dimanfaatkan UMKM saat pandemik

GrabExpress Permudah Pengantaran Produk UMKM Semarang  Dok.Grab

"Bagi para pelaku UMKM yang sudah terdaftar menjadi mitra Grab for Business, dapat lebih mudah menggunakan layanan dengan mengakses Web Booking GrabExpress," katanya. 

Selain itu, lanjut dia, demi menjaga keamanan, pengantaran GrabExpress bisa dilacak dengan mudah melalui aplikasi Grab. Para pembeli dan penjual juga akan mendapatkan laporan foto dari mitra pengantaran saat penjemputan dan penerimaan barang. Layanan ini juga memiliki asuransi pengiriman bagi barang yang cacat, rusak, atau hilang saat diantar.

“Kami berharap Grab akan terus berinovasi demi memajukan para pelaku UMKM lokal agar dapat memberikan dampak positif dalam memanfaatkan teknologi di masa pandemik,” tandas Neneng.

Baca Juga: Kurangi Dampak Pemanasan Global, Grab Luncurkan Carbon Offsetting

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya