Jelang Lebaran, Swab Test di Pusat Perbelanjaan Digencarkan

Upaya screening pada orang tanpa gejala (OTG)

Semarang, IDN Times - Swab test di sejumlah pusat perbelanjaan akan digencarkan saat menjelang Lebaran di Kota Semarang. Sebab, keramaian di mal atau pasar tradisional pada momen mendekati hari raya secara umum meningkat dibandingkan hari biasa. 

1. Pemkot Semarang gelar swab test secara acak di pusat perbelanjaan

Jelang Lebaran, Swab Test di Pusat Perbelanjaan DigencarkanIlustrasi pengunjung mal di Kota Semarang jalani swab test. Dok. Pemkot Semarang

Upaya screening penyebaran COVID-19 yang dilakukan Pemkot Semarang itu digelar secara acak. Sehingga, pemeriksaan akan dilakukan mendadak. 

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, swab test tak hanya dilakukan kepada pengunjung mal saja, tetapi juga pegawai pusat perbelanjaan yang bertugas pada lokasi yang ditentukan.

"Ini gratis, dan yang diarahkan untuk melakukan swab test bukan hanya pengunjungnya, tetapi sedulur-sedulur yang bekerja di lokasi tersebut. Dengan cara ini kami juga sekaligus melakukan screening pada orang tanpa gejala," ungkapnya melalui keterangan resmi, Rabu (20/5).

Baca Juga: 4 Mal di Semarang Kembali Beroperasi saat Pandemi Virus Corona

2. Hasil swab tes diketahui setelah 3 hari

Jelang Lebaran, Swab Test di Pusat Perbelanjaan DigencarkanIlustrasi pengunjung mal di Kota Semarang jalani swab test. Dok. Pemkot Semarang

Sebelum menjalani swab test, pengunjung atau pekerja pusat perbelanjaan didata terlebih dahulu. Setelah melakukan pemeriksaan, hasilnya tidak langsung diketahui, sebab harus menunggu tiga hari.

Hendi menerangkan, selain melakukan swab test, upaya menertibkan masyarakat dalam beraktivitas di area umum juga dilakukan. Misalnya, dengan melakukan pengawasan terhadap pemakaian masker dan physical distancing.

"Selain swab test, upaya pengawasan juga dilakukan agar terjaga ketertiban sesuai protokol kesehatan dalam situasi saat ini. Yang tidak pakai masker diminta menggunakan masker, suhu tubuhnya dicek, didata, dan seterusnya," tuturnya.

3. Warga Semarang diminta tetap di rumah saja

Jelang Lebaran, Swab Test di Pusat Perbelanjaan DigencarkanIlustrasi (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Namun, lanjut dia, harapannya tentu masyarakat bisa menahan diri untuk tetap di rumah saja. Adapun, aktivitas di luar rumah hanya untuk keperluan yang mendesak saja. 

Sementara, Rabu (20/5), Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Semarang menggelar swab test di Mal Paragon. Sebanyak 100 pengunjung dan karyawan mal mengikuti tes swab gratis. 

Kepala Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Semarang, dokter gigi Rahma Devi menjelaskan, data hasil swab test juga akan digunakan sebagai dasar melakukan upaya lanjutan, jika diperlukan. 

"Jika ada hasil test yang positif, tentu untuk selanjutnya yang bersangkutan akan ditetapkan seperti penderita COVID-19. Sedangkan di pusat perbelanjaannya akan dilakukan upaya - upaya lain, seperti swab test lebih menyeluruh sampai sterilisasi lokasi," katanya.

Baca Juga: RSUD Wongsonegoro Miliki Alat PCR, 3 Hari Swab COVID-19 Bisa Diketahui

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya