Kota Semarang Terima Tambahan Vaksin 1.600 Dosis, Nakes Prioritas

Sudah 25 ribu nakes yang terdaftar di SISDMK

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang mendapat tambahan vaksin Sinovac sebanyak 1.600 dosis pada pelaksanaan vaksinasi tahap pertama. Tambahan vaksin pada termin kedua itu masih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes). 

1. Jumlah tenaga kesehatan yang ingin divaksinasi bertambah

Kota Semarang Terima Tambahan Vaksin 1.600 Dosis, Nakes PrioritasANTARA FOTO/Fauzan

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap pertama di Kota Semarang masih berlangsung hingga akhir Januari 2020. Sedangkan, vaksinasi tahap pertama termin kedua di 32 kabupaten/kota dimulai pekan ini. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dokter Abdul Hakam mengatakan, Kota Semarang hanya mendapatkan 1.600 dosis karena pada termin pertama sudah mendapatkan 19.009 dosis.

"Vaksin tambahan ini masih kami peruntukkan bagi tenaga kesehatan di Kota Semarang. Sebab, tenaga kesehatan yang mengisi di Aplikasi Sistem Informasi SDM Kesehatan (SISDMK) jumlahnya bertambah," ungkapnya saat dihubungi, Rabu (27/1/2021). 

Baca Juga: 320 Pejabat dan Tokoh di Jateng Dapat Vaksinasi Sinovac Termin Dua

2. Sudah 25.000 tenaga kesehatan mendaftar melalui SISDMK

Kota Semarang Terima Tambahan Vaksin 1.600 Dosis, Nakes PrioritasIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Saat ini ada 25.000 nakes yang sudah meregistasi pada SISDMK. Sementara, total penerima vaksinasi tahap pertama termin pertama sudah mencapai 11.000 nakes yang terdiri dari 9.650 nakes yang sudah divaksinasi, 775 nakes tidak hadir vaksinasi, dan 574 nakes yang tertunda vaksinasi. 

Alasan nakes tidak hadir dalam vaksinasi karena tidak tahu atau salah jadwal. Sedangkan, yang ditunda vaksinasi lantaran pertimbangan kesehatan seperti hamil, kelainan darah, autoimun, dan menderita penyakit kronik yang belum stabil.

Hakam menambahkan, pihaknya berupaya melakukan percepatan vaksinasi tahap pertama termin pertama di Kota Semarang. Kendati demikian, masih ada kendala terkait data nakes yang akan divaksinasi.

3. Percepatan vaksinasi di Semarang terkendala data

Kota Semarang Terima Tambahan Vaksin 1.600 Dosis, Nakes Prioritasilustrasi tenaga kesehatan. ANTARA FOTO/Fauzan

Berdasarkan data dari Komite Penangan COVID- 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), ada 18.240 nakes di Kota Semarang yang berhak menerima vaksin. Sementara, nakes yang sudah teregistrasi di BPJS Kesehatan sebanyak 17.800 orang.

"Percepatan vaksinasi ini masih terkendala data. Sebab, dari data yang sudah masuk dan teregistrasi ada yang belum bisa open ticket di aplikasi BPJS Kesehatan. Hal ini membuat percepatan belum maksimal," imbuh Hakam. 

Guna mempercepat vaksinasi, Dinas Kesehatan Kota Semarang mendorong nakes yang sudah terdaftar di SISDMK untuk bisa hadir vaksinasi ke fasilitas kesehatan (faskes) tempat mereka terdata maupun di tempat kerjanya walaupun belum bisa membuka tiket pada aplikasi BPJS Kesehatan. Sedangkan, nakes dari klinik, dokter keluarga, bidan, perawat, apoteker, dan lainnya dapat langsung menuju faskes terdekat. 

Baca Juga: Hari Pertama Vaksinasi di Semarang, Puskesmas, RS Giliran Ambil Vaksin

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya