Comscore Tracker

Tokopedia Buka Vaksinasi Gratis untuk UMKM Semarang, Yuk  Daftar!

Kolaborasi dukung pemulihan ekonomi

Semarang, IDN Times -Tokopedia menggelar vaksinasi gratis bagi pelaku UMKM di Kota Semarang. Fasilitas layanan sentra vaksinasi itu berlokasi di Auditorium Universitas Diponegoro (Undip) Jalan Imam Bardjo Semarang. 

1. Penjual asal Semarang bisa daftar vaksin di aplikasi Tokopedia

Tokopedia Buka Vaksinasi Gratis untuk UMKM Semarang, Yuk  Daftar!Semasa di Tokopedia (Dok. Tokopedia)

Sesuai jadwal program vaksinasi dosis pertama akan berlangsung mulai 28 Juli hingga 10 Agustus 2021. Sedangkan, dosis kedua selama 25 Agustus hingga 7 September 2021.

Adapun, cara mendaftarnya sebagai berikut. Program vaksinasi ini berlaku untuk penjual asal Semarang di Tokopedia. Penjual yang merupakan pelaku UMKM bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi Tokopedia. 

Selanjutnya, pendaftar hanya perlu mengisi informasi sesuai KTP dan nama toko. Setelah mendapatkan jadwalnya, penjual dapat datang ke sentra vaksinasi untuk mendapatkan vaksin COVID-19. 

Baca Juga: Stok Vaksin Kosong! 26 Lokasi Vaksinasi di Semarang Tutup Sementara 

2. Tokopedia berkolaborasi dengan Hippindo dan mitra strategis lainnya

Tokopedia Buka Vaksinasi Gratis untuk UMKM Semarang, Yuk  Daftar!Tokopedia berkolaborasi bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Kemenkop dan UKM RI, TNI, Pemprov Jateng, Kadin Jateng, DPP dan DPD IKA Undip Jateng serta Undip buka sentra vaksinasi di Semarang. (Dok. Tokopedia)

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengatakan, vaksinasi ini berkolaborasi bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Kemenkop dan UKM RI, TNI, Pemprov Jateng, Kadin Jateng, DPP dan DPD IKA Undip Jateng serta Undip. 

"Kolaborasi ini untuk mendukung penanganan pandemik sekaligus pemulihan ekonomi. Adapun, kolaborasi ini ditempuh bersama mitra strategis mulai pemerintah hingga lintas sektor lainnya dengan tujuan untuk dapat melindungi masyarakat, termasuk pelaku UMKM di Semarang dari paparan COVID-19," ungkapnya melalui keterangan resmi, Kamis (29/7/2021). 

Selain itu, lanjut dia, mengingat UMKM penyokong 60 persen PDB Indonesia, maka dipercaya dapat mendorong pemulihan ekonomi.

3. Upaya demi penanganan pandemik

Tokopedia Buka Vaksinasi Gratis untuk UMKM Semarang, Yuk  Daftar!(Ilustrasi) antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sebelumnya, Tokopedia bersama Hippindo telah meluncurkan program vaksinasi gratis khusus UMKM di DKI Jakarta. Rencananya program vaksinasi ini juga akan digelar di beberapa kota besar di Indonesia.

Asri menjelaskan, selain mendukung program vaksinasi pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya demi membantu penanganan pandemik COVID-19.

"Contohnya, Tokopedia telah menetapkan kebijakan pengendalian harga obat dan kebutuhan terkait penanganan COVID-19. Ini juga sejalan dengan keputusan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tentang harga eceran tertinggi (HET) 11 obat yang banyak digunakan selama pandemik. Kemudian, kami juga bekerja sama dengan Forum Wartawan Teknologi (Forwat) dan BenihBaik.com untuk menyalurkan donasi pengguna kepada jurnalis dan para pekerja di sektor informal yang terdampak COVID-19," jelasnya. 

4. Per hari ditarget 1.600 vaksin

Tokopedia Buka Vaksinasi Gratis untuk UMKM Semarang, Yuk  Daftar!ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Pada peresmian sentra vaksinasi Tokopedia dan Hippindo itu juga dihadiri Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu. 

Ketua Panitia Sentra Vaksinasi, Benita Eka Arijani mengatakan, selain UMKM sentra tersebut juga melayani tenaga kerja industri, karyawan serta masyarakat umum di Jawa Tengah. 

"Kami menargetkan 1.600 orang dapat divaksinasi di sini per hari," katanya. 

Baca Juga: Vaksin Habis! Masyarakat Ditolak Mau Vaksinasi di Unnes Semarang

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya