Comscore Tracker

Vaksin Habis! Masyarakat Ditolak Mau Vaksinasi di Unnes Semarang

Cuma 2 sentra yang masih layani vaksinasi dosis pertama

Semarang, IDN Times - Stok vaksin di sejumlah lokasi vaksinasi di Kota Semarang menipis dan bahkan habis. Masyarakat pun kecewa karena ditolak saat mau melaksanakan vaksinasi.

1. Warga kecewa gagal vaksin di sentra vaksinasi Unnes

Vaksin Habis! Masyarakat Ditolak Mau Vaksinasi di Unnes SemarangWarga mengantre masuk di Sentra Vaksinasi Gradhika di Gedung Gradhika Bhakti Praja Pemerintah Provinsi Jateng, Kota Semarang viral di media sosial, Rabu (9/6/2021) pagi. (dok. Satpol PP Kota Semarang)

Seperti yang dialami Ali Ansori, warga Semarang ini menceritakan pengalamannya ditolak saat ingin melaksanakan vaksinasi di Grup Facebook Media Informasi Kota Semarang (MIK Semarang), Rabu (28/7/2021).   

‘’Selamat Pagi Bapak/Ibu/Saudara/i Anggota Grup MIK Semar.

Maaf sebelumnya saya ingin bertanya adakah anggota di sini yang sama seperti saya? Saya sudah mendaftar untuk melaksanakan vaksinasi melalui laman victori.semarangkota.go.id dan alhamdulillah setelah menunggu sekitar 3 mingguan akhirnya keluar jadwal untuk melaksanakan vaksinasi tahap 1 pada tanggal 28 Juli 2021 di UNNES. Namun, sayangnya ketika saya ke lokasi ternyata UNNES tidak melaksanakan vaksinasi pada tanggal tersebut.

Pertanyaan saya kok bisa begini nggih, apakah antara dinkes dan masing-masing sentra vaksin tidak ada koordinasi?

Saya sudah tanyakan masalah ini melalui akun sosial media DKK Kota Semarang dan mencoba untuk bertanya secara langsung melalui panggilan telepon namun tidak ada jawaban.  Mungkin di grup ini ada anggota dari dkk kota Semarang yang dapat memberikan solusi selanjutnya. Terimakasih,’’

2. Stok vaksin di Unnes habis

Vaksin Habis! Masyarakat Ditolak Mau Vaksinasi di Unnes SemarangPengumuman vaksin habis di Unnes Semarang. (Instagram/@unnes_semarang)

Saat dikonfirmasi IDN Times, mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Semarang ini mengungkapkan, dirinya sudah mendaftar untuk program vaksinasi yang diselenggarakan oleh Dinkes Kota Semarang melalui laman victori.semarangkota.go.id sejak tiga bulan lalu. 

‘’Sekitar bulan Mei saya mendaftar. Alhamdulillah, keluar jadwal vaksinasi saya yaitu pada tanggal 28 Juli 2021 tepatnya di Sentra Vaksin Unnes. Namun, saat hari H saya ke Unnes ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi. Ada pengumuman kalau tidak ada vaksinasi di Unnes. Bahkan petugas keamanan yang saya temui di sana mengatakan bahwa Unnes tidak melaksanakan vaksinasi pada hari ini dengan alasan stok vaksin telah habis dan harus menunggu untuk info selanjutnya,’’ jelasnya, Rabu (28/7/2021).

Baca Juga: Semarang Targetkan Vaksinasi 1,1 Juta, Para Lurah Keteteran

3. Untuk melindungi orang tua dan syarat mengurus sesuatu jadi alasan untuk vaksin

Vaksin Habis! Masyarakat Ditolak Mau Vaksinasi di Unnes SemarangVaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. Dok. Pertamina MOR IV Jateng-DIY.

Ansori heran karena pelaksanaan vaksinasi di Unnes ini tidak sesuai dengan penjadwalan dari laman victori. ‘’Soalnya saya sempat tanya ke beberapa masyarakat yang juga ingin melaksanakan vaksinasi di Unnes. Katanya untuk vaksinasi di Unnes ini bisa dilakukan walau belum melakukan pendaftaran pada laman victori. Lalu untuk apa sebenarnya jadwal dari laman victori tersebut jika memang pada akhirnya seperti ini,’’ tuturnya. 

Semangat calon penerima vaksin ini akhirnya pupus dan mencoba mendaftar di lokasi vaksinasi lain di Kota Semarang. 

‘’Padahal saya sudah semangat untuk divaksin. Alasan saya mau vaksin karena masih tinggal sama ayah. Takutnya kalau saya tidak vaksin nanti mudah terpapar dan terjadi efek domino ke ayah saya. Sebab, setahu saya salah satu yang rentan terhadap COVID-19 adalah lansia. Selain itu, jujur aja sih ya, sekarang kalau mau mengurus sesuatu juga harus menunjukan surat vaksin juga. Jadi itu juga salah satu yang memotivasi saya untuk vaksin,’’ jelas Ansori.

4. Stok vaksin di Semarang tinggal 32 ribu dosis

Vaksin Habis! Masyarakat Ditolak Mau Vaksinasi di Unnes SemarangIlustrasi vaksinasi COVID-19 di Palembang (ANTARA Foto)

Upaya percepatan vaksinasi yang dilakukan Pemkot Semarang untuk mengejar target Kementerian Kesehatan itu menyasar sebanyak 1,3 juta orang ternyata harus terkendala dengan menipisnya stok vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan, kondisi itu karena distribusi vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terhambat. Saat ini stok vaksin yang di Kota Semarang menipis.

‘’Per Selasa (27/7/2021) stok vaksin tingga 32 ribu-an dosis dan itu untuk Kota Semarang kecil jumlahnya, karena capaian vaksinasi kami rata-rata per hari aja 20 ribu-an,’’ ungkapnya melalui pesan singkat saat dikonfirmasi, Rabu (28/7/2021).

5. Ada 3 sentra vaksinasi dan 7 puskesmas sementara tidak melayani vaksinasi

Vaksin Habis! Masyarakat Ditolak Mau Vaksinasi di Unnes Semarangilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

‘’Dari 12 sentra vaksinasi hanya di Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) dan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) yang masih melayani vaksinasi dosis pertama. Namun, untuk sementara ini belum bisa onsite. Artinya, masyarakat wajib daftar online terlebih dahulu,’’ katanya.

Dari dua sentra vaksinasi tersebut ditargetkan bisa memvaksin 500 sampai 1.000 orang per hari. Sementara, stok vaksin sebanyak 32 ribu dosis itu diprediksi hanya mencukupi untuk kebutuhan vaksinasi hingga dua hari ke depan.

‘’Saat ini kami sedang berkoordinasi dengan pusat untuk meminta stok vaksin lagi. Disamping itu, kini kami juga harus mengatur stok vaksin yang ada dan menjadwalkan ulang masyarakat yang akan menerima vaksin,’’ tandasnya.

 

Baca Juga: Tanpa Daftar Online, Langsung Datang, Warga Semarang Bisa Vaksinasi  

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya