Virus Corona, 4 Pasien yang Diisolasi di Banyumas Diperbolehkan Pulang

Seorang masih menunggu uji laboratorium Litbangkes

Banyumas, IDN Times - Empat orang warga dalam pengawasan dan diisolasi di RSUD Banyumas dan RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto dinyatakan negatif virus corona.

Mereka diperbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit, sedangkan seorang lagi masih menunggu hasil uji laboratorium dari Litbangkes, Kementerian Kesehatan. Dua orang warga Banyumas yang sebelumnya masuk kategori pengawasan COVID-19 dan dirawat di ruang isolasi RSUD Banyumas dinyatakan negatif virus corona jenis baru ini.

Baca Juga: Ada 5 Warga Diisolasi di Banyumas Terkait Virus Corona, Ada di 2 RS

1. Dua orang pasien wanita masuk ruang isolasi usai bepergian dari Singapura

Virus Corona, 4 Pasien yang Diisolasi di Banyumas Diperbolehkan PulangGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo keluar dari ruang isolasi RSUD Margono Soekarjo pada kunjungan kerja memantau kesiapan RSUD Margono dalam menangani pasien dengan pengawasan, Jumat (6/3).IDN Times/Rudal Afgani

Sebelumnya dua perempuan asal Kabupaten Banyumas mesti menjalani pengawasan di ruang isolasi RSUD Banyumas karena mengeluhkan mengalami gejala COVID-19.

Pasien pertama berusia 44 tahun baru pulang dari Hong Kong dan menjalani perawatan di RSUD Banyumas sejak Selasa (3/3), sedangkan pasien kedua berusia 26 tahun baru pulang dari Singapura dan menjalani perawatan di RSUD Banyumas sejak Rabu (4/3) siang.

Kedua pasien tersebut dinyatakan negatif dari COVID-19 berdasarkan hasil uji laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan di Jakarta, sehingga mereka diperbolehkan pulang.

"Hasilnya negatif, sehingga mereka diperbolehkan pulang," kata Wakil Direktur RSUD Banyumas Noegroho Harbani kepada wartawan di Banyumas, Senin (9/3).

2. Masih ada satu pasien yang menunggu uji laboratorium Litbangkes

Virus Corona, 4 Pasien yang Diisolasi di Banyumas Diperbolehkan PulangBadan Penelitian Pengembangan Kesehatan / IDN Times Dini suciatinungrum

Selain di RSUD Banyumas, sebanyak tiga orang pasien juga dalam pengawasan dan dirawat di ruang isolasi RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto. Kabar terbaru dua dari tiga pasien dalam pengawasan tersebut juga dinyatakan negatif COVID-19 sehingga mereka juga diperbolehkan pulang, sedangkan satu lainnya masih menunggu hasil uji laboratorium Balitbangkes Kemenkes.

"Malah rencananya akan dijemput (petugas) Dinas Kesehatan kabupatennya, sedangkan pasien dari Cilacap belum dipulangkan karena masih menunggu hasil dari Balitbangkes Kemenkes Jakarta," kata Direktur RSMS Purwokerto Tri Kuncoro di Purwokerto, Senin (9/3) seperti dilansir dari Antara.

RSMS Purwokerto melakukan pengawasan terhadap tiga pasien yang seluruhnya perempuan dan baru pulang dari luar negeri.

Pasien pertama berasal dari Banjarnegara berusia 66 tahun baru pulang dari Malaysia dan dirawat di RSMS Purwokerto sejak Selasa (3/3) malam.

Pasien kedua berasal dari Kebumen berusia 34 tahun baru pulang dari Taiwan serta menjalani perawatan di RSMS Purwokerto sejak Rabu (4/3) siang, sedangkan pasien ketiga berasal dari Cilacap berusia 34 tahun baru pulang dari Macau serta menjalani perawatan di RSMS Purwokerto sejak Kamis (5/3) malam.

3. Bupati minta masyarakat menerapkan pola hidup sehat cegah COVID-19

Virus Corona, 4 Pasien yang Diisolasi di Banyumas Diperbolehkan Pulangazcentral.com

Bupati Banyumas Achmad Husein bersyukur karena dua warganya yang mendapatkan pengawasan di ruang isolasi RSUD Banyumas dinyatakan negatif dari infeksi virus corona jenis baru (COVID-19).

"Alhamdulillah mereka dinyatakan negatif corona. Artinya, Banyumas sampai dengan saat ini aman," katanya Selasa (10/3).

Kendati demikian, pihaknya terus melakukan penyisiran, memperketat pemantauan, dan menggalakkan upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Ia menjelaskan salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19 yang dapat dilakukan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari adalah menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Salah satu yang dapat kita lakukan dalam menjalankan PHBS adalah cuci tangan menggunakan sabun. Jadi, sering-seringlah cuci tangan dengan sabun sebagai langkah awal pencegahan," katanya.

Baca Juga: RS Margono dan RSUD Banyumas Siapkan Ruang Isolasi Pasien Virus Corona

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya