KPU Banyumas Siapkan Dua Gudang Logistik Pemilu 2024

Akan tersimpan aman

Banyumas, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas memastikan penyimpanan logistik Pemilu 2024 semuanya akan tersimpan dengan aman, begitu juga jumlah logistik yang dikirim oleh KPU Pusat juga dipastikan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Ketua KPU Kabupaten Banyumas Rofingatun Khasanah mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan dua gudang khusus yakni di daerah Dukuhwaluh dan Sokaraja.

Disebutkan untuk surat suara nantinya akan disimpan dan didistribusikan dari gudang dua yang di daerah Sokaraja.

Baca Juga: Wisata Banyumas yang Dibangun dari Dana PEN Tidak Penuhi Target

1. Pengamanan gudang logistik Pemilu 2024

KPU Banyumas Siapkan Dua Gudang Logistik Pemilu 2024Ketua KPU Kabupaten Banyumas saat menjelaskan penjagaan logistik pemilu 2024, Jumat (1/12/2023.(IDN Times/Sutrisno).

Penyimpanan logistik KPU Kabupaten Banyumas menurut ketua KPU semuanya disimpan di tempat yang aman dan mendapatkan pengamanan khusus karena melibatkan pihak kepolisian dan keaman internal KPU.

"Dipastikan keamanan gudang aman, penyimpanan logistik bisa diakses CCTV secara langsung, sehingga tidak usah khawatir karena pihak keamanan telibat langsung dalam pengamanan," terangnya.

Rofingatun juga menjelaskan soal kekhawatiran terhadap logistik pemilu 2024 dari pengaruh musim hujan, pihaknya juga telah memitigasi pendistribusian ketika pelaksanaan pemilu 2024 mendatang.

"Kami juga telah mengantisipasi saat musim penghujan tiba seperti pengendalian agar tidak basah, misalnya akibat bocor, kehujanan saat distribusi, dan lainnya," jelasnya.

2. Logistik tidak jauh berbeda seperti saat pemilu 2019

KPU Banyumas Siapkan Dua Gudang Logistik Pemilu 2024Rofingatun Khasanah saat menjelaskan jumlah logistik pemilu 2024, Jumat (1/12/2023).(IDN Times/Sutrisno).

Sejauh ini logistik yang sudah sampai di gudang Dukuhwaluh yakni kotak tinta sejumlah 11.175, bilik suara sebanyak 22.348, dan segel yang kondisinya sudah sesuai berjumlah 536.985, segel plastik ada 145.262, alat coblos suara ssbanyak 22.348, sedangkan untuk kotak suara masih menunggu kiriman.

"Beberapa logistik pemilu 2024 tahap pertama telah tiba di gudang Dukuhwaluh, sementara untuk kotak suara dipastikan tiba pada 2 Desember 2024,"terangnya.

Ditambahkan untuk kotak suara terbuat dari bahan kardus berkwalitas dan tidak jauh berbeda dengan saat pemilu 2019. Namun terdapat bahan pelindung berupa plastik.

3. Sesuaikan usulan

KPU Banyumas Siapkan Dua Gudang Logistik Pemilu 2024Salah satu pekerja media yang menanyakan kualitas logistik, Jumat (1/12/2023).(IDN Times/Sutrisno).

KPU Kabupaten Banyumas juga tetap memantau ketepatan jenis logistik, jumlah, dan kualitas yang dikirim dari KPU Pusat hingga sampai ke Banyumas sesuai dengan usulan permintaan.

"Pemantauan juga tidak hanya dilakukan saat logistik disimpan di gudang KPU di Dukuhwaluh dan Sokaraja, melainkan saat nanti pendistribusian ke kecamatan maupun saat ke tempat pemungutan suara,"ujarnya.

Selain itu dikatakan ketepatan jenis, jumlah, tempat penyimpanan yang aman, hingga mekanisme pendistribusiannya diharapkan sesuai dan tidak ada penurunan kualitas logistik pemilu 2024.

4. Bincang tahapan pemilu

KPU Banyumas Siapkan Dua Gudang Logistik Pemilu 2024Gesti saat membawakan pantun hingga membuat riuh suasana, Jumat (1/12/2023).(IDN Times/Sutrisno).

Sementara itu sebelumnya KPU Kabupaten Banyumas melakukan bincang tahapan pemilu 2024 dengan puluhan pekerja media di Sipanci, Bobosan , Purwokerto.

Acara sosialisasi tahapan pemilu dilakukan tidak seperti pada umumnya, namun dikonsep dengan saling berkenalan bahkan para pekerja media dan anggota KPU saling berbalas pantun, hingga stand up comedy.

"Hari ini kami tidak memaparkan materi tahapan pemilu, tetapi lebih kepada pendekatan rilek dengan saling balas pantun, namun tujuannya tersampaikan, karena kita tahu bahwa yang hadir adalah kompeten di bidangnya,"pungkasnya.

5. Spesifikasi kotak suara pemilu 2024

KPU Banyumas Siapkan Dua Gudang Logistik Pemilu 2024Spesifikasi kotak suara pada pemilu 2024 mendatang.(IDN Times/indonesiabaik.id

Bentuk kotak suara Pemilu 2024 mendatang tidak berbeda dengan yang digunakan pada 2019 lalu, yakni berbentuk kotak. Secara umum, bentuknya pun tidak berbeda dengan kotak suara kardus pada Pemilu 2019.

Ukuran kotak suara ini memiliki panjang 40 cm, lebar 40 cm, serta tinggi 60 cm Bahan kardus yang digunakan adalah karton dupleks yang kedap dan tahan air. Beratnya mencapai 2,26 kilogram dan jika diisi kertas suara memiliki daya angkut 20 hingga 30 kg.

Untuk spesifikasi lainnya, yaitu  ukuran lubang untuk memasukkan surat suara, yakni panjang 18 cm dan lebar 1,5 cm. Kemudian,  rincian ketebalan kotak suara di sisi luar dan sisi dalam menggunakan Duplex coated 250 gram per meter persegi.

Lalu ketebalan sisi dalam, pada Pemilu 2024 nanti adalah Kraft 275 per meter persegi. Lanjut, ukuran jendela pada kotak suara di Pemilu 2024 mendatang  yaitu 17 cm sementara tinggi jendela kotak suara yaitu 20 cm.

Baca Juga: Relawan, Garda Terdepan dalam Penanganan Bencana di Banyumas

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya