Tiga Napi Teroris di Cilacap Ucapkan Ikrar Setia Untuk NKRI

Program deradikalisasi dalam lapas

Cilacap, IDN Times - Tiga orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tindak pidana terorisme Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Cilacap ucapkan ikrar setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kamis (29/02/2024).

Kepala Lapas Cilacap Kelas IIB Cilacap Dedi Cahyadi memberikan apresiasi kepada semua pihak terkait dan seluruh aparat penegak hukum yang turut terlibat mendukung program deradikalisasi narapidana terorisme dalam lapas.

Ikrar setia ini warga binaan bertekad untuk mencintai NKRI dan bersama-sama menjaga Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia juga sebagai Ideologi Nasional.

Baca Juga: Napiter Jaringan JAD Dibebaskan Lapas Kedungpane Setelah Ikrar Kembali ke NKRI

1. Keberhasilan pembinaan kepada narapidana

Tiga Napi Teroris di Cilacap Ucapkan Ikrar Setia Untuk NKRINapiter yang telah berikrar setia NKRI bersama para aparat penegak hukum, Kamis (29/2/2024).(IDN Times/Foto : Nanda Hakiki)

Dedi Cahyadi yang menyaksikan langsung pengucapan Ikrar dan sumpah setia para narapidana teroris (Napiter) menerangkan bahwa Pengucapan Ikrar Setia kepada NKRI merupakan salah satu bukti keberhasilan pembinaan kepada narapidana yang dilakukan oleh Lapas Kelas Kelas IIB Cilacap, khususnya pembinaan program deradikalisasi narapidana terorisme.

"Pengucapan ikrar ini sebagai bukti bahwa saudara-saudara kami warga binaan bersedia dan siap melepaskan diri dari segala aksi terorisme serta ideologi sebelumnya yang bertentangan dengan ideologi Pancasila dan UUD 1945," ucap Dedi.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala BNPT Kabupaten Cilacap, Kepala Kepolisian Sektor Cilacap Tengah, Densus 88 Anti Teror Kabupaten Cilacap, Kodim Kabupaten Cilacap, Kementerian Agama, Pihak Balai Pemasyarakatan Nusakambangan beserta Forum Komunikasi Daerah Kabupaten Cilacap.

2. Mutasi dari Rutan Kelas I Depok

Tiga Napi Teroris di Cilacap Ucapkan Ikrar Setia Untuk NKRITiga napiter ucapkan sumpah janji setia dibawah kitab suci, Kamis (29/2/2024).(IDN Times/ Foto : Nanda Hakiki)

Sementara itu, Wali Pemasyarakatan Narapidana Terorisme (Napiter) atau dikenal dengan istilah Pamong Napiter Lapas Cilacap, Junaedi menerangkan bahwa 3 orang Napiter yang melaksanakan ikrar merupakan mutasi dari Rutan Kelas I Depok pada bulan November lalu.

"Kurang Lebih selama 3 bulan menjalani pembinaan di Lapas Cilacap, ketiga Napiter dinilai kooperatif, mengikuti semua kegiatan pembinaan yang disediakan, menaati ketentuan Lapas, mengikuti program deradikalisasi dan akhirnya menyatakan diri kesediaannya untuk berikrar setia kepada NKRI," tutur Junaedi.

Junaedi berharap sumpah dan ikrar setia yang diucapkan pada hari ini mampu menjadi titik balik bagi warga binaan teroris untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kesadaran terhadap hak dan kewajiban sebagai individu, masyarakat dan sebagai warga negara Indonesia yang baik. Serta, menjadi motivasi bagi warga binaan tindak pidana terorisme lainnya untuk melaksanakan ikrar kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

3. Salah satu ordinary crime

Tiga Napi Teroris di Cilacap Ucapkan Ikrar Setia Untuk NKRIDengan pelaksanaan ikrar, maka narapidana akan dapat haknya sebagai narapidana pada umumnya, Kamis (29/2/2024).(IDN Times/Foto : Nanda Hakiki)

Seperti diketahui ikrar setia NKRI para napiter itu ke depannya bisa bebas dari faham-faham radikalisme, yang mengatasnamakan agama serta perbuatan makar menggulingkan kekuasaan yang sah, berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar.

Napiter yang telah berikrar setia NKRI itu akan kembali pulih hak-haknya sebagai warga negara Indonesia. Sehingga, kata dia, para napiter itu bisa mendapatkan remisi dan layanan terintegrasi lainnya.

"Dengan pelaksanaan ikrar, maka narapidana akan dapat haknya sebagai narapidana pada umumnya, Tapi tetap dengan pengawasan ketat dari pamong pemasyarakatan atau wali pemasyarakatan, Napiter termasuk dalam 3 extra ordinary crime atau Kejahatan luar biasa
di Indonesia selain kejahatan narkoba dan tipikor,"tambah Nanda Hakiki Humas Lapas Cilacap.

Baca Juga: Tekun Latihan di Lapas Kedungpane, Napiter Bom Bali Ciptakan Kaligrafi Prabu Kresna

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya